Dinas Pendidikan Kota Malang

Manasik Haji SDN Bumiayu 2 Dorong Siswa Untuk Raih Kesuksesan

IMG-20180816-WA0123

Malang – 200 peserta didik SDN Bumiayu 2 Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Hj. Aiz Rikzayati, mengikuti pelaksanaan Manasik Haji pada Kamis, 16 Agustus 2018. Kegiatan yang dimulai tepat pukul 07.30 itupun diikuti dengan antusias oleh ratusan peserta didik satuan pendidikan jenjang SD yang berada dikawasan jalan Lembayung No. 7 Malang.

IMG-20180816-WA0128

Prosesi Manasik Haji yang dilakukan oleh peserta didik SDN Bumiayu 2 Malang diawali dengan Ihram yakni niat untuk mulai beribadah haji di halaman Masjidil Halal kawasan jalan Kyai Parseh Jaya No. 97, dilanjutkan dengan prosesi tawaf, yakni mengitari Kakbah sebanyak tujuh kali. Usai menunaikan prosesi tawaf yang dilakukan di lapangan RW, peserta Manasik Haji SDN Bumiayu 2 Malang selanjutnya menunaikan rukun Ibadah Haji ketiga yakni Sai. Sai dilakukan dengan berjalan atau berlari-lari kecil di antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Rukun Ibadah Haji yang ke empat yakni Wukuf di padang Arafah tidak ketinggalan dilaksanakan sebab, prosesi Wukuf adalah hal utama yang dapat menyebabkan tidak sahnya Ibadah Haji manakala tidak melaksanakan Wukuf dengan baik dan benar.

IMG-20180816-WA0127

” Pada pelaksanaan Ibadah Haji sesungguhnya di Tanah Suci, jamaah tidak hanya berasal dari Indonesia semata, namun dari segala penjuru dunia. Agar atmosfer Ibadah Haji tersaji secara nyata kami membagi negara berdasarkan kelasnya. Seperti kelas tiga jamaah asal Malaysia, Jamaah kelas empat berasal dari Amerika Serikat, Jamaah kelas lima betasal dari Brunei Darussalam, dan jamaah kelas enam berasal dari Indonesia. Mengingat panjangnya rute yang ditempuh, maka siswa kelas satu dan kelas dua tidak kami ikut sertakan dalam kegiatan ini ” terang Kepala SDN Bumiayu 2 Malang Dra. Hj. Aiz Rikzayati.

IMG-20180816-WA0124

Lebih lanjut Dra. Hj. Aiz Rikzayati, menuturkan pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat memotivasi peserta didiknya untuk meraih kesuksesan kelak sehingga dapat menunaikan Rukun Islam Kelima ini yang membutuhkan kesiapan materi maupun kesiapan mental. Untuk meraih kesuksesan tersebut siswa haruslah belajar dengan baik, rajin, tekun dan yang paling utama menjalankan seluruh perintah dan menjauhi larangan yang diajarkan dalam Agama Islam. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *