Dinas Pendidikan Kota Malang

73 Tahun Kemerdekaan RI Momentum Pertebal Nasionalisme Siswa SDN Purwodadi 4 Malang

P_20180818_081228

Malang Gebyar Seni yang menampilkan kebolehan peserta didik SDN Purwodadi 4 Malang menjadi pilihan kegiatan puncak Peringatan 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia oleh jajaran satuan pendidikan jenjang SD yang kini dikepalai oleh Muryati, S.Pd., M.Pd. Gebyar seni yang menampilkan berbagai macam Ekstrakuriler binaan SD yang berada di kawasan jalan Ikan Piranha Blok K No. 66 inipun berlangsung semarak dengan dukungan penuh dari orangtua peserta didik.

IMG-20180818-WA0106

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang kami selengggarakan sebagai upaya memberikan apresiasi secara langsung pada peserta didik yang selama ini mengikuti kegiatan pembinaan ekstrakurikuler dengan tekun. Selain itu kegiatan ini juga merupakan wadah untuk mengasah kepercayaan diri peserta didik tampil dihadapan khalayak ramai meskipun hanya sebatas pada lingkup keluarga besar SDN Purwodadi 4 Malang tutur Muryati, S.Pd., M.Pd.

IMG-20180818-WA0070

Muryati menambahkan, kegiatan ini menjadi wahana mempertebal pilar Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) utamanya karakter nasionalisme pada peserta didik, apalagi pelaksanaan gelaran kegiatan ini bertepatan dengan Hari Jadi Republik Indonesia ke 73 tahun. Dengan mempertebal nasionalisme sejak dini pada peserta didiknya, jajaran SDN Purwodadi 4 Malang berharap kelak para calon generasi penerus bangsa ini nantinya senantiasa menjunjung persatuan dan kesatuan dan pada akhirnya bermuara pada sebuah tekad Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati.

IMG-20180818-WA0071

Gelaran Gebyar Seni Ekstrakurikuler SDN Purwodadi 4 Malang inipun diawali dengan penampilan ekstrakurikuler Al Banjari, dilanjutkan dengan penampilan paduan suara yang dibawakan oleh siswa kelas dua dan siswa kelas tiga. Tari Babby Shark yang menggambarkan keluguan, kepolosan dan dibawakan dengan kocak oleh siswa kelas 1 mengundang gelak tawa dan senyum simpul siapa saja yang menontonnya. Tari semut oleh siswa kelas dua, pembacaan puisi heroic oleh siswa kelas enam dan tampilan tari rampak oleh siswa kelas tiga semakin mempertegas tujuan mulia jajaran SDN Purwodadi 4 Malang untuk mempertebal karakter nasionalisme pada peserta didiknya.

IMG-20180818-WA0079

Ekstrakurikuler beladiri pencak silat perisai diri, pramuka, dan pantomime pun silih berganti unjuk kebolehan. Tarian gegana, tarian bebek, tarian rodat, dan tarian Zapin disuguhkan sebagai penutup rangkaian gebyar seni dan gebyar ekstrakurikuler SDN Purwodadi 4 Malang.

IMG-20180818-WA0084

SDN Purwodadi 4 Malang tidak hanya mengakomodasi potensi siswa semata, namun sebagai bentuk melibatkan secara langsung orangtua siswa dalam kegiatan ini, diadakan pula bazaar makanan dan minuman sehat. Bukan hanya sekedar menjajakan makanan dan minuman, keberadaan bazaar inipun menjadi sarana latihan secara langsung peserta didik, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan perwakilan orangtua siswa untuk berintegritas dengan memberikan penilaian melalui banyaknya sedotan yang di berikan pada sebuah stand secara objektif. Stand bazaar yang memperoleh sedotan terbanyak diapresiasi dengan piagam penghargaan sekaligus hadiah.

P_20180818_082824

Sebelum memberikan penilaian dengan cara memasukkan potongan sedotan pada tempat yang telah disediakan di masing masing stand, terlebih dahulu kami memberikan beberapa parameter / criteria penilaian yang layak diberikan sedotan. Parameter tersebut diantaranya stand bazaar haruslah bersih, makanan ataupun minuman yang dijual adalah produk sehat yang bebas dari 5P serta kreatifitas penjaga stand entah itu dari sisi penataan barang maupun kostum yang dikenakan jelas Kepala SDN Purwodadi 4 Malang Muryati, S.Pd., M.Pd. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *