Dinas Pendidikan Kota Malang

Gandeng P4TK BOE, P4TK IPS/PKn dan UM, Dindik Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Managerial PS dan KS

P_20180821_084108

Malang Bertempat di Aula Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (P4TK BOE) kawasan jalan Teluk Mandar arjosari Malang, Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM menggelar workshop peningkatan kompetensi managerial Pengawas dan Kepala TK, SD dan SMP Negeri se Kota Malang. Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM pada Selasa 21 Agustus 2018 inipun diselenggarakan dengan mekanisme IN ON IN.

P_20180821_084203

Dalam laporannya, penanggung jawab kegiatan sekaligus Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Sri Sutrisnawati, M.Pd mengatakan bahwasannnya kegiatan ini diikuti oleh 245 pesert yang terdiri dari tiga orang Kepala TK, 194 orang kepala SD, 27 Kepala SMP dan 22 orang pengawas. Untuk mencapai hasil yang maksimal dari kegiatan ini, panitia menghadirkan 10 orang narasumber sekaligus fasilitator yang terdiri atas empat orang dari P4TK BOE, empat orang dari P4TK PKn IPS dan dua orang dari Universitas Negeri Malang (UM).

P_20180821_085631

Usai memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi gelaran Workshop Peningkatan Kompetensi Managerial Pengawas dan Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM memberikan sekelumit materi yang memaparkan strategi untuk menjadi seorang pengawas dan juga kepala sekolah yang professional yang tidak hanya menjadi pemimpin semata namun juga dapat menjelma menjadi seorang manager yang handal.

P_20180821_084802

Dalam awal pemaparannya, Dra. Zubaidah, MM melontarkan empat hal dasar yang meliputi apa itu kepemimpinan Kepala Sekolah?, apa tugas pokok dan fungsi kepala sekolah, bagaimana menjalankan asas kepemimpinan dan bagaimana memimpin sekolah yang baik, benar dan dapat mencapai tujuan sesuai dengan visi misi sekolah.

P_20180821_085052

Bapak Ibu Pengawas dan Kepala Sekolah, seyogyanya sebelum memulai sebuah pekerjaan kita terlebih dahulu harus paham apa tujuan yang ingin kita capai. Untuk memahami itu dapat dimulai dengan hal kecil yakni membaca visi misi sekolah yang biasanya terpampang di beberapa tempat satuan pendidikan yang bapak ibu pimpin. Usai membaca visi dan misi sekolah, pelajari dengan seksama sehingga bapak ibu kemudian dapat menyusun program kerja dengan mempertimbangkan aspek potensi dan juga kelemahan sekolah yang bapak ibu pimpin. Pemetaan potensi dan kelemahan yang baik, terstruktur dan didasari oleh landasan hukum atau peraturan dapat menghasilkan program kerja yang jelas, terarah serta berkesinambungan tutur Dra. Zubaidah, MM.

P_20180821_085907

Lebih lanjut, wanita berhijab yang pernah menduduki jabatan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang itupun menambahkan, usai tersusunnya program kerja maka Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu berkomunikasi pada seluruh jajarannya tidak terkecuali pada orangtua siswa agar program kerja dapat diwujudkan. Sebab hakikat seorang pemimpin harus mampu untuk mempengaruhi, mendorong, menggerakkan, mengarahkan dan memberdayakan seluruh sumber daya pendidikan secara positif untuk mencapai tujuan pendidikan.

P_20180821_083252

Kegiatan pembukaan Workshop Peningkatan Kompetensi Managerial Pengawas dan Kepala TK, SD dan SMP Negeri se Kota Malang inipun turut pula di hadiri oleh Kepala P4TK BOE Malang Dr. Sumarno yang selain sebagai tuan rumah sekaligus menjadi salah satu narasumber dengan paparan materi berkenaan dengan Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam peningkatan mutu pendidikan.(fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *