Dinas Pendidikan Kota Malang

1.600 Siswa PAUD/TK Ikuti Manasik Haji SDI Mohammad Hatta

P_20180825_082143

Malang – Sebanyak 1.600 Siswa PAUD/TK dari TK Puspita, TK Arafah, PAUD Putera Zaman, PAUD Nur Madinah, TK Alkautsar, TK Bunga Delima, TK Sakinah, TK Tadiika Puri, TK Bunga, TK Daarul Ikhsan, TK Miftkhul Huda, TK KB Nada, TK Dewi Sartika, Kuttab Rumah Qur’an, PAUD Melati, TK Muslimat Nu 29, TK PIG, dan TK Tunas Bangsa ikuti Manasik Haji yang diselenggarakan oleh SDI Mohammad Hatta.

P_20180825_082029

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 25 Agustus 2018 inipun di buka secara langsung oleh Pengawas Pendidjkan Agama Islam Kantor Kementrian Agama Kota Malang Wilayah Kecamatan Lowokwaru Dra. Hj. Nurduhati, M.PdI. Dalam amanatnya, Nurduhati berharap semoga kelak dikemudian hari ribuan siswa siswi yang mengikuti Manasik Haji pada hari ini dapat menunaikan Rukun Islam kelima secara nyata.

” Belajarlah yang rajin dan tekun, agar kelak menjadi insan yang sukses tentunya diiringi pula dengan menjalankan Perintah Allah SWT dan menjauhi segala Larangan-Nya. Sebab untuk menunaikan Rukun Islam ke lima ini di syaratkan bagi yang mampu. Bukan hanya mampu secara jasmani, rohani semata namun mampu secara materi.” tutur Nurduhati dalam sambutannya.

IMG-20180825-WA0048

Sementara itu, Kepala SDI Mohamnad Hatta Suyanto, S.Pd., M.K.Pd mengatakan bahwasannya pelaksanaan Manasik Haji yang diselenggarakan dengan mengajak turut serta ribuan Siswa / siswi PAUD dan TK ini tidak lain memperkenalkan sejak dini Rukun Islam ke lima yang wajib untuk ditunaikan bilamana mampu, sekaligus memperkuat karakter religius.

” Selain dihadiri Pengawas PAI Kecamatan Lowokwaru, pelaksaan Manasik Haji pada hari ini turut pula dihadiri oleh Pembina Yayasan Bina Insan Kamil Indonesia yang menanungi SDI Mohammad Hatta Prof. H. Masruchin Ruba’i, SH., M.S. serta kepala PAUD / TK yang turut serta dalam kegiatan ini. ” jelas Kepala SDI Mohammad Hatta Suyanto, S.Pd., M.K.Pd.

IMG-20180825-WA0094

Lebih lanjut Suyanto, S.Pd., M.K.Pd. menerangkan bahwasannya kegiatan mengajak PAUD/TK ini untuk melaksanakan Manasik Haji ini berangkat dari pemikiran minimnya lahan, sarana prasarana dan faktor lainnya yang tidak memungkinkan PAUD/TK menyelenggarakan Manasik Haji secara mandiri. Intinya SDI Mohhammad Hatta memberikan manfaat seluas luasnya pada masyarakat utamanya pada bidang pendidikan.

IMG-20180825-WA0098

Untuk memperlancar kegiatan Manasik Haji sekaligus menciptakan nuansa layaknya Ibadah Haji sesungguhnya, jajaran SD Islam Mohammad Hatta membangun pos – pos Ibadah Haji diantaranya pos Wukuf, pos Mina, pos Muzdalifah, pos Jumrah Ulla, pos Jumrah Wustho, pos Jumrah Aqabah dan pos Masjidil Haram. Di setiap pos Manasik Haji, ribuan siswa siswi PAUD TK dipandu untuk melakukan rangkaian prosesi yang dilakukan saat menunaikan Ibadah Haji di tanah suci.

P_20180825_082117

Untuk memberikan gambaran nyata pelaksanaan Ibadah Haji yang sesungguhnya, ribuan siswa siswi PAUD/TK inipun menjalani prosesi Manasik Haji SD Islam Mohammad Hatta dimulai dengan ihram dilanjutkan dengan tawaf, sai, dan dipungkasi wukuf di Arafah secara runut sesuai dengan syariat dan aturan seperti pelaksanaan Ibadah Haji yang sesungguhnya lengkap dengan miniatut Ka’bah. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *