Dinas Pendidikan Kota Malang

Kota Malang Responsif pada Kebijakan Kemdikbud

P_20180824_181841

Malang – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP memberikan penilaian luar biasa pada jajaran Insan Pendidikan Kota Malang dibawah naungan Dinas Pendidikan yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM yang sangat responsif pada kebijakan – kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud RI. Pernyataan itu disampaikan mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang saat menghadiri kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Managerial Kepala Sekolah TK, SD, SMP Jum’at 24 Agustus 2018 di P4TK BOE Malang.

P_20180824_180052

Muhadjir mengaku senang sekali dan menghaturkan apresiasi yang setinggi – tingginya pada kinerja insan pendidikan Kota Malang. Hal itu tidak terlepas dari antusiasme Dra. Zubaidah, MM beserta jajarannya dalam mengadopsi kebijakan – kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud dalam rangka reformasi pendidikan. Beberapa hal diantaranya PPK, beban kerja guru, komite sekolah, sistem zonasi langsung direspon dengan diimplementasikan secara nyata pada semua jenjang pendidikan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Malang. Mendikbud berharap dengan kebijakan yang dirancang ini pendidikan di Indonesia akan lebih baik dan dapat dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya.

P_20180824_180314

Dalam prakatanya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menghaturkan terimakasih yang sebesar – besarnya atas kesediaan Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP yang berkenan hadir pada kegiatan Peningkatan Kompetensj Managerial Kepala Sekolah TK, SD dan SMP se Kota Malang.

” Dinas Pendidikan Kota Malang telah menjalankan UNBK jenjang SMP 100 persen. Dan akan menambah sarana prasarana penunjang UNBK di tahun 2019 melalui pengadaan komputer beserta servernya agar dapat menghemat waktu penyelenggaraan UNBK. Berkat kerjasama insan pendidikan Kota Malang, UNBK tahun 2018 Kota Malang dianugerahi sebagai penyelenggara UNBK berintegritas se Jawa Timur. Dan sebagai upaya persiapan dan pelatihan siswa jenjang SD agar dapat menjalani UNBK, Dinas Pendidikan Kota Malang juga menganggarkan pengadaan komputer. ” tutur Dra. Zubaidah, MM.

P_20180824_180307

Dra. Zubaidah, MM lebih lanjut menambahkan bahwasannnya 100 persen satuan pendidikan jenjang SD dan SMP Negeri se Kota Malang telah menjalankan proses belajar mengajar berbasis Kurikulum 2013 dengan muatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Sebagai jawaban atas kepercayaan Kemendikbud menunjuk Kota Malang sebagai salah satu daerah pilot project penerapan raport ganda, pada semester satu tahun ajaran 2018/2019 akan direalisasikan.

P_20180824_181837

Pada kesempatan ini, Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP memaparkan berbagai kebijakan yang digagas demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Beberapa diantaranya pengajuan insentif khusus bagi Kepala Sekolah. Sebab Kepala Sekolah adalah jabatan karir guru bukan tugas tambahan dengan apresiasi pengurangan kewajiban jumlah jam mengajar. Dengan begitu Kepala sekolah tidak terbebani dengan kewajiban untuk mengajar dan murni menjadi manager sekolah sehingga maksimal mengembangkan lembaganya.

P_20180824_180639

” Bapak Ibu Pengawas TK, SD dan SMP jangan berkecil hati dengan jabatan yang anda sandang. Sebab seorang pengawas merupakan KS terbaik. Sebelum menjadi pengawas anda sekalian telah terlebih dahulu menjadi kepala sekolah.” tutur Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP.

P_20180824_180121

Sebagai bentuk apresiasi atas reaksi cepat jajaran insan Pendidikan Kota Malang dalam mengadaptasi sekaligus mengimplementasikan kebijakan – kebijakan yang dikonsep oleh Mendikbud, Muhadjir menjanjikan memberikan 100 unit komputer untuk distribusikan pada lima SMP Negeri yang ada di Kota Malang.

” Kota Malang ini sangat istimewa, konsep kebijakan Kemendikbud terkait sistem zonasi dan juga struktur organisasi MKKS gabungan sebagai bentuk perwujudan mensukseskan sistem zonasi serta penataan ulang tugas serta fungsi daripada MGML maupun KKG agar lebih efektif dan efisien saya sampaikan sendiri secara langsung ” ucap Muhadjir yang langsung disambut tepuk tangan peserta Workshop Peningkatan Kompetensi Managerial Pengawas dan Kepala Sekolah TK, SD dan SMP Negeri se Kota Malang.

P_20180824_180236

Sebelum pembekalan kebijakan Kemdikbud oleh Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP diakhiri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang memberitahukan bahwasannya sebagai bentuk kepedulian Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Malang yang kini diketuainya telah menghimpun dana donasi dari para anggotanya untuk kemudian disalurkan dalam bentuk rehabilitasi gedung sekolah. Pihak Dinas Pendidikan Kota Malang juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Malang dalam hal ini Plt. Walikota Malang Drs. H. Sutiaji, MM dan mendapat sambutan positif. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *