Dinas Pendidikan Kota Malang

Kadindik Buka Workshop Pembelajaran Zaman Now Gugus 1 Sukun

P_20180901_103234

Malang – Bertempat di hall Hotel Grand Palace, Sabtu 1 September 2018 Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM membuka Workshop Perangkat Pembelajaran Zaman Now yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) bekerjasama dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Gugus 1 Kecamatan Sukun yang terdiri atas SDN Sukun 1, SDN Sukun 2, SDN Sukun 3, YBPK Ngaglik, SDK Indriyasana MI Ma’arif 2, dan MI Raden Patah.

P_20180901_094119

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Workshop Perangkat Pembelajaran Zaman Now, Rudi Hartono, M.Pd yang juga merupakan guru kelas lima SDN Sukun 3 Malang menuturkan bahwasannya kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri atas guru kelas dan guru mata pelajaran PJOK dengan sistem in on in dengan biaya mandiri oleh anggota KKG Gugus 1 Sukun.

P_20180901_094622

” Kegiatan ini merupakan salah aatu upaya K3S Gugus 1 Sukun memberikan wadah serta kesempatan pada pendidik untuk terlibat dalam proses pengembangan profesional berkelanjutan dan meningkatkan mutu pembelajaran sebagai dampak peningkatan kompetensi, kualifikasi, dan kinerja anggota KKG Gugus 1 Sukun.” tutur Ketua Gugus 1 Sukun yang juga sekaligus Kepala SDN Sukun 3 Malang Drs. Surahman.

Lebih lanjut Drs. Surahman berharap agar melalui kegiatan yang diselenggarakan ini mampu meningkatkan kompetensi guru dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan belajar mengajar, meningkatkan kemampuan dalam menyusun Kurikulum 2013, mempererat tali kebersamaan antar anggota Gugus 1 Sukun, serta memantapkan pembelajaran dengan metode PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan).

P_20180901_100302

” Terima kasih pada pendidik dan tenaga kependidikan Kota Malang salah satunya KKG dan K3S Gugus 1 Sukun yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan ini. Berkat kinerja jajaran insan pendidikan Kota Malang, berulangkali Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mempercayakan program kerja ataupun kebijakan – kebijakan untuk dijalankan, diterapkan atau diselenggarakan di Kotq Malang. Bahkan beberapa diantaranya menjadikan Kota Malang sebagai Pilot Project ” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM dalam awal prakata sambutannya.

P_20180901_095441

Lebih lanjut Dra. Zubaidah, MM menuturkan kebijakan pemberlakuan raport ganda, implementasi lima hari kerja dengan integrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan sistem zonasi merupakan beberapa kebijakan Kemdikbud yang diimplementasikan insan pendidikan Kota Malang. Kegiatan yang dilakukan saat ini oleh KKG dengan K3S Gugus 1 Sukun juga merupakan salah satu implementasi kebijakan Kemdikbud. Dimana sudah diatur bahwasannya pendidik penerima TPG wajib menyisihkan 10 persen dana yang diterima untuk digunakan meningkatkan kompetensi diri.

IMG-20180901-WA0055

Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Zaman Now yang diselenggarakan oleh KKG dan K3S Gugus 1 Sukun inipun menghadirkan empat orang narasumber diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM., Dra. Retno Marsitim, M.Pd Akademisi dari Universotas Kanjuruhan, Zainullah, M.Pd., dan Didik Siswanto, M.Pd Pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang. Masing – masing narasumber yang kompeten dibidang nya itupun menyajikan materi terdiri atas Kebijakan Umum Dinas Pendidikan, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, dan Model Pembelajaran.

Sebagai bentuk motivasi pada jajaran pendidiknya yang tergabung dalam KKG Gugus 1 Sukun yang juga menjadi peserta dalam workshop ini, nampak hadir pula jajaran Kepala Sekolah anggota K3S Gugus 1 Sukun diantaranya SDN Sukun 1 (Dra. Ratna Suita, M.Pd) SDN Sukun 2 (Jumain,S.Pd.,M.Pd), SDN Sukun 3 (Drs. Surahman), SD YBPK Ngaglik (Dra.Sarju Setiti, S.Pd), SDK Indriyasana (M.M. Hermien Rosalina, S.Pd), MI Ma’arif 2(Ramini, S.Pd.I) dan MI Raden Patah (Agus Miftahulhuda, M.Pd.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *