Dinas Pendidikan Kota Malang

SD Insan Amanah Gandeng Bennese Jepang Maksimalkan Kemampuan Matematika Siswanya

1

Malang – Ratusan prestasi yang berhasil diraih oleh seluruh elemen jajaran SD Insan Amanah mulai dari kepala sekolah, tenaga pendidik hingga peserta didik pada tahun ajaran 2017/2018 tidak begitu saja terwujud. Banyak ragam liku dan proses yang dijalani hingga menempatkan satuan pendidikan jenjang SD yang kini dikepalai oleh Suhardini Nurhayati, M.Pd menjadi salah satu lembaga pendidikan formal berkualitas dan makin mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Pengelolaan proses belajar mengajar yang didasari oleh perencanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan melihat potensi yang dimiliki serta mengedepankan koordinasi lintas bidang baik intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler secara dinamis dan berkesinambungan, lahirlah puluhan program unggulan yang pada akhirnya berbuah prestasi membanggakan tidak hanya bagi keluarga besar SD Insan Amanah semata namun tidak jarang mengharumkan nama Kota Malang dikancah regional, nasional hingga kancah internasional.

Eks SDIA 1 Eks SDIA 2

Berbagai program unggulan yang menjadi ciri khas satuan pendidikan yang berada di kawasan jalan Soekarno – Hatta Perumahan Griyashanta Blok M ini diantara Rapat Kerja Tahunan, workshop perangkat pembelajaran, pembelajaran kemandirian dan kepedulian social melalui program tilik desa, learning motivation training, study ekskursi ke beberapa Negara tetangga, outing class dan program pendukung pemantapan keilmuan peserta didik maupun tenaga pendidik demi mewujudkan SD Insan Amanah yang berkualitas.

LW Insan Amanah Robotik 3

Potensi siswa non akademik diwadahi jajaran SD Insan Amanah melalui pelaksanaan dan pembinaan belasan ekstrakurikuler secara berkesinambungan yang acapkali melalui cabang ekskul ini berbagai prestasi membanggakan sukses direngkuh hingga makin menambah panjang deretan trophy prestasi SD Insan Amanah. Ekskul pramuka, ekskul futsal, ekskul perisai diri, ekskul karate, ekskul renang, ekskul robotica, ekskul tiwisada, ekskul tari, ekskul mewarna, ekskul memasak, ekskul komik islami, ekskul bina musika, ekskul panahan, dan ekskul shinkenjuku merupakan wadah eksplorasi bakat dan minat peserta didik untuk dikembangkan agar potensi istimewa yang ada pada diri anak makin mumpuni sekaligus sebagai wahana menumbuhkan karakter siswa.

dini

“ Pepatah mengatakan bahwasannya meraih itu lebih mudah daripada mempertahankan apalagi meningkatkan. Berangkat dari hal tersebut itulah, jajaran SD Insan Amanah terus berusaha maksimal agar kepercayan masyarakat untuk mendidik, mengajari dan membimbing buah hati mereka menjadi insane yang cerdas secara intelektual, cerdas secara spiritual, cerdas secara mental dan memiliki karakter religious, nasionalisme, mandiri, jujur, dan gotongroyong kami menjunjung tinggi tiga konsep tata kelola pembelajaran di SD Insan Amanah yakni konsep edukatif, konsep partisipatif dan yang ketiga yakni konsep berkelanjutan “ terang kepala SD Insan Amanah Suhardini Nurhayati, M.Pd.

WhatsApp Image 2018-09-08 at 10.15.14

Wanita berhijab yang kini sedang serius menyelesaikan study S-3nya itupun menambahkan salah satu daya upaya konkret kami dalam mengembangkan dan mempersiapkan siswa SD Insan Amanah dalam perubahan zaman ini dengan mengandeng Pihak Bennese Jepang dibawah pimpinan Ryo Suzuki untuk memberikan pembekalan serta pembelajaran matematika masa kini melalui metode Shinkenjuku. Disinilah 3 konsep tata kelola pembelajaran kami terapkan. Konsep partisipatif terimplementasi jelas manakala pada Sabtu, 8 September 2018 ini kami mengundang orangtua siswa untuk mendapatkan gambaran gamblang mengenai metode pembelajaran matematika Shinkenjuku yang dikelola oleh Bennese Jepang. Dengan adanya pemahaman orangtua terhadap program pelaksanaan pembelajaran Shinkenjuku ini maka konsep berkelanjutan dan konsep edukatif secara bersamaan terlaksana.

WhatsApp Image 2018-09-08 at 10.15.14 (1)

Sementara itu Sri Endah Pujiningrum, S.Si., Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan selaku penanggung jawab program Shinkenjuku yang juga merupakan guru kelas enam SD Insan Amanah menambahkan bahwasannya kegiatan pada hari ini merupakan bentuk keberlanjutan kegiatan Logical Thinking Test (LTT) yang kami selenggarakan beberapa waktu lalu bersama dengan Bennese Jepang. Dari kegiatan LTT tersebut, didapatlah pemetaan kemampuan siswa SD Insan Amanah di bidang matematika dilengkapi pula ranking yang berhasil diperoleh peserta LTT baik rangking kelas, rangking sekolah, rangking kota, rangking regional Jawa Timur, rangking Nasional hingga rangking internasional. Sebab Bennese Jepang selaku pihak pelaksana metode pembelajaran Matematika Shinkenjuku tidak hanya berdomisili di Malang saja, namun telah merambah ke berbagai Negara.

endah

“ Ryo Suzuki selaku pimpinan Bennese Jepang pada Parents Meeting yang digelar pada hari ini secara langsung memberikan gambaran tentang konsep matematika yang saat ini haruslah dirubah agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Hal itu tidak terlepas dari konsep pembelajaran matematika yang selama ini dijalankan hanyalah menitik beratkan pada konsep hafalan semata, yang pada akhirnya mengikis daya logika maupun daya nalar anak dalam belajar matematika. Melalui metode pembelajaran matematika Shinkenjuku ini, secara tidak langsung anak didik ditumbuhkembangkan kemampuan untuk berpikir kritis sejak dini sehingga siswa SD Insan Amanah dapat mengatasi HOTS yang disajikan sebagai menu ujian nasional seperti yang diharapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. “ terang Sri Endah Pujiningrum, S.Si., (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *