Dinas Pendidikan Kota Malang

Journalist Camp Upaya Dindik Kota Malang Bentuk Pelajar Cerdas Bermedsos dan Cerdas Berinformasi

pemateri 1

Malang – Era Globalisasi yang diiringi dengan derasnya arus teknologi informasi berbasis daring yang tidak hanya membawa dampak positif namun tidak jarang membawa dampak negative karena salah dalam pemanfaatannya terutama dikalangan generasi muda yang masih dalam usia sekolah atau lazim disebut pelajar, menjadi perhatian tersendiri Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM. Melalui Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Siti Ratnawati, SH, M.Pd, digelarlah kegiatan bertajuk “ Pembinaan OSIS SMP se Kota Malang dengan tema OSIS Era Milenial, Membangun Karakter Kebangsaan “.

Kegiatan yang digelar pada Jum’at, 7 September 2018 hingga Sabtu 8 September 2018 inipun terlaksana berkat kerjasama apik antara Dinas Pendidikan Kota Malang dengan Media Online “ MalangTimes”. Tercatat 60 ketua OSIS SMP se Kota Malang dan 60 orang guru pendamping turut serta dalam kegiatan Journalist Camp ini.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM mengatakan bahwasannya era globalisasi saat ini membawa dampak tersendiri bagi setiap bidang. Baik itu bidang ekonomi, social, budaya, pun demikian bidang pendidikan. Dampak positif akan dapat kita rasakan manakala kita cerdas memanfaatkannya dan demikian pula sebaliknya, dampak negative era globalisasi saat ini akan kita dapatkan manakala kita tidak pandai memanfaatkannya sesuai dengan norma agama, norma social atau bahkan norma hokum. Banyak contoh kasus dimana penggunaan teknologi informasi yang tidak diiringi dengan kecerdasan dalam pemanfaatannya membawa kerugian baik fisik, mental atau bahkan beruujung pada ranah hukum.

IMG-20180907-WA0057

“ Mari anak anak ku semua yang saat ini menjadi pelajar pilihan mewakili SMP masing – masing untuk terus berbuat lebih baik. Nilai akademis itu penting namun yang lebih penting yakni karakter berintegritas dan karakter yang mewujudkan ajaran norma agama, norma social dan norma hukum yang berlaku. Sebagai generasi penerus bangsa yang nantinya tidak menutup kemungkinan menggantikan para pemimpin saat ini dimasa mendatang, siapkanlah diri, mental, dan pemikiran yang positif agar mampu menghadapi era globalisasi, menangkal dampak negative dan mampu mengambil manfaat sebesar besarnya dari perkembangan jaman yang dinamis di era globalisasi ini. Bijaklah menggunakan media social, cerdaslah dalam berkomunikasi dalam media social dan pintarlah mengambil informasi yang tersaji dalam media social hinga ke depan siap menghadapi tantangan global seperti amanat visi misi Pemerintah Kota Malang. “ terang Dra. Zubaidah, MM dalam sambutannya.

Untuk mewujudkan tujuan dari kegiatan ini, Dinas Pendidikan Kota Malang bersama Media Online “ MalangTimes” menyusun beberapa materi yang diisi oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya masing – masing. Beberapa materi yang disampaikan pada peserta journalist camp ini diantaranya Kebangsaan, Narkoba, dan Leadership yang disampaikan oleh Letkol. Inf. Bangkit Rahmat Tri widodo M.Si, Jurnalistik dan Ketahanan Informasi oleh Heryanto, M.Pd dan Sri Kurnia M, S.Pd., Aplikasi Jurnalistik Digital oleh Aditya Fachri Bayu, S.Pd dan dipungkasi dengan kegiatan lapangan ke wana wisata Coban Rais untuk praktek hunting bahan berita sekaligus menulis dalam bentuk berita. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *