Dinas Pendidikan Kota Malang

Briket Organik Disuguhkan SDN Gadang 4 Malang Pada Juri GSF 2018

IMG-20180910-WA0057

Malang – Kondisi SDN Gadang 4 Malang yang kini dikepalai oleh Jamiatul Jamilah, S.Pd yang rindang dengan aneka pepohonan yang tumbuh berkembang baik di halaman satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang berada dikawasan jalan Kolonel Sugiono XI / 24 itu selain membawa dampak kenyamanan, kerindangan, keasrian dan lingkungan yang hijau, juga membawa dampak tersedianya sampah organic berupa dedaunan yang gugur karena diterpa angin maupun karena sudah waktunya lepas dari ranting tempatnya bertumbuh.

Dampak melimpahnya dedaunan yang gugur itupun menjadi sebuah anugerah manakala jajaran SDN Gadang 4 Malang mengolahnya menjadi sumber energy terbarukan yang ramah lingkungan dalam bentuk briket. Inovasi penerapan teknologi energy terbarukan berupa briket hasil karya keluarga besar SDN Gadang 4 Malang itupun disuguhkan pada tim juri visitasi Green School Festival (GSF) Senin, 10 September 2018. Produk alternative sumber energy organic itupun mendapat apresiasi tersendiri dari tim juri GSF 2018.

Selain produk inovatif sumber energy organic terbarukan berupa briket, jajaran SDN Gadang 4 Malang pun mengembangkan jiwa kewirausahaan sekaligus kecintaan pada produk asli nusantara berupa jamu tradisional kunyit asem. Bahan baku untuk memproduksi jamu kunyit asam didapat dari hasil budidaya tanaman kunyit yang dikembangkan oleh jajaran SDN Gadang 4 Malang.

IMG-20180910-WA0058

“Kami memproduksi jamu kunyit asam ini manakala tanaman yang kami budidayakan sudah saatnya dipanen. Usai dipanen, kunyit kami cuci bersih dan kami olah menjadi jamu yang bahan pelengkap pembuatannya murni seratus persen berasal dari alam tanpa bahan tambahan 5P (Pewarna, Perasa, Pemanis, Pengawet dan Pengenyal) buatan. Sebab produk jamu kunyit asam ini kami pasarkan di kantin sekolah dan dikonsumsi siswa. Melalui produksi jamu kunyit asam ini kami juga ingin menanamkan pola hidup sehat pada peserta didik SDN Gadang 4 Malang “ tutur Anita SupriatiMutmainnah, S.Pd.SD coordinator produk unggulan SDN Gadang 4 Malang yang juga merupakan guru kelas satu.

jamilah

Sementara itu, Kepala SDN Gadang 4 Malang Jamiatul Jamilah, S.Pd menuturkan dengan adanya ide kreatif jajarannya tersebut, kini pihaknya tidak merasa kesulitan atau terbebani lagi atas melimpahnya guguran daun yang dihasilkan pepohonan di satuan pendidikan yang dikepalainya tersebut. Bahkan semakin banyak daun berguguran kami semakin mendapatkan berkah dan memperbanyak produksi briket. Hal tersebut bertolak belakang manakala inovasi kreatif produksi briket organic belum ditemukan. Pihaknya merasa binggung dengan pemanfaatan daun kering yang selama ini hanya dimanfaatkan untuk pupuk kompos yang terbatas sarana prasarana pengolahannya.

IMG-20180910-WA0060

Selain menampilkan produk unggulan briket organic pada isu energy dan jamu kunyit asam sebagai salah satu upaya menciptakan kantin sehat, tujuh issue GSF pun disajikan dan dipresentasikan oleh peserta didik SDN Gadang 4 Malang dengan baik dihadapan dewan juri. Jajaran SDN Gadang 4 Malang memanfaatkan momentum GSF 2018 ini sebagai wahana mengeksplorasi potensi yang ada termasuk menggalang partisipasi orangtua siswa agar mempertebal rasa memiliki sekolah dalam diri mereka. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *