Dinas Pendidikan Kota Malang

Gethuk Sukun dan ASM Produk Unggulan SDN Ciptomulyo 1 Malang Sambut GSF 2018

IMG-20180910-WA0155

Malang – Harapan Dinas Pendidikan Kota Malang mengoptimalkan berbagai potensi serta mengeksplorasi kreasi jajaran insane pendidikan Kota Malang melalui momentum gelaran pelaksanaan Green School Festival (GSF) yang rutin dilaksanakan setiap tahun bekerjasama dengan Media Cetak Harian Jawa Pos Radar Malang diwujudkan oleh ratusan peserta GSF, salah satunya jajaran SDN Ciptomulyo 1 Malang yang kini dikepalai oleh Drs. Djaka Purwanto, M.Pd.

IMG-20180910-WA0145

Jajaran satuan pendidikan jenjang SD yang berada di kawasan jalan Sartono, SH Nomor 4 Malang itupun mengeksplorasi potensi yang ada disekolah berupa produk unggulan sekaligus cirri khas SDN Ciptomulyo 1 Malang dalam bentuk jajanan tradisional Gethuk Buah Sukun. Selain itu, sumber air yang ada dimanfaatkan dengan memsang instalasi pengolahan air yang langsung dapat dikonsumsi keluarga besar SDN Ciptomulyo 1 Malang tanpa direbus dahulu. Meski tanpa direbus, Air Siap Minum (ASM) hasil pengolahan jajaran SDN Ciptomulyo 1 Malang inipun aman dikonsumsi dan telah di uji di laboratorium milik Dinas Kesehatan Kota Malang.

IMG-20180910-WA0152

“ Pohon Sukun yang tumbuh subur dihalaman sekolah kami selama ini kami panen dan diolah sekedarnya saja. Saat panen, kami mengolahnya dengan hanya digoreng atau direbus semata. Namun seiring berjalannya waktu, lahirlah sebuah ide untuk mengolah buah sukun menjadi sebuah produk yang menjadi cirri khas SDN Ciptomulyo 1 Malang dan diharapkan dapat pula menjadi jajajan khas Kota Malang berupa Gethuk Sukun ´terang kepala SDN Ciptomulyo 1 Malang Drs. Djaka Purwanto, M.Pd.

IMG-20180912-WA0012

Kepala SDN Ciptomulyo 1 Malang Drs. Djaka Purwanto, M.Pd menambahkan dengan tumbuhnya beberapa pohon berkayu besar  di sekolah yang dikepalainya, berdampak pada ketersediaan sumber air yang melimpah. Dan hal itu kembali memantik daya kreatifitas jajarannya untuk mengoptimalkan sumber daya alam tersebut melalui pengolahan Air Siap Minum (ASM). (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *