Dinas Pendidikan Kota Malang

Tangan Terampil Insan SDN Jatimulyo 2 Ubah Limbah Handuk Jadi Pot Unik

IMG-20180918-WA0092

Malang – Handuk yang tidak dipergunakan lagi entah karena using, rusak atau tidak berkenan kita pakai menjadi sebuah masalah pelik karena berubah menjadi sampah atau limbah yang tidak mudah untuk diurai. Limbah handuk bekas pakai menjadi sebuah berkah ditangan terampil insane SDN Jatimulyo 2 Malang yang kini dikepalai oleh Maria Muslichah, S.Pd. Jajaran satuan pendidikan jenjang SD yang berada dikawasan jalan Kenanga Indah No. 2 itupun mengubah handuk yang tidak terpakai menjadi pot tempat tanaman tumbuh berkembang yang unik dan bernilai seni.

juri

Juri Green School Festival (GSF) tahun 2018 yang mendapat tugas memvisitasi serta memberikan penilaian di SDN Jatimulyo 2 Malang terdiri atas Prof.Dr. M Amin, SPd, M Si yang juga merupakan Ketua Dewan Pendidikan Kota Malang sekaligus Guru Besar Universitas Negeri Malang, Dra. Ninit Sunarsih Pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang serta juri dari unsure Harian Jawa Pos Radar Malang dan Jatim Park Group kagum atas kreatifitas peduli lingkungan khususnya pengolahan limbah handuk bekas pakai yang mampu diwujudkan secara nyata dan sukses mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

P_20180913_103857

“ Konsep kreatifitas mengubah limbah handuk bekas pakai menjadi pot ini sangat sederhana. Namun ide awal untuk memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai lagi agar dapat mengurangi tingkat pencemaran alam dengan mengubahnya menjadi sebuah pot yang indah dan unik inilah yang luar biasa. “ tutur Prof.Dr. M Amin, SPd, M Si coordinator tim juri GSF 2018 yang memvisitasi SDN Jatimulyo 2 Malang.

ortu 2

Sementara itu Kepala SDN Jatimulyo 2 Malang Maria Muslichah, S.Pd menuturkan bahwasannya segala perubahan yang ada di sekolah yang dipimpinnya ini terwujud berkat dukungan semua pihak baik itu tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik terlebih lagi orangtua peserta didik yang memberikan sumbangsih tidak hanya pemikiran semata, namun juga tenaga serta materil sehingga pada akhirnya kebersamaan yang terjalin ini menjadi metamorphosis perubahan lingkungan, perilaku serta budaya di SDN Jatimulyo 2 Malang.

ortu

“ Saking besarnya dukungan orangtua untuk memberikan yang terbaik bagi sekolah buah hatinya, mereka rela kerja bakti bergotong royong menghias kelas, menata taman dan memberikan sumbangsih lainnya meski pada hari libur. “ ucap Maria Muslichah dengan haru.

IMG-20180918-WA0090

Maria Muslichah menambahkan bahwasannya actor utama dibalik suksesnya SDN Jatimulyo 2 Malang memanfaatkan handuk bekas pakai menjadi sebuah pot indah tidak terlepas dari pemikiran jenius Ismanu atau yang Akrab disapa Yuda staff tenaga kependidikan SDN Jatimulyo 2 Malang. Berbekal pengetahuan dari internet, Ismanu pun mencobanya dan sedikit mengkreasikan proses pembuatan pot berbahan handuk bekas sesuai dengan imajinasinya. Selain kreasi handuk bekas menjadi pot indah, berkat tangan terampilnya berbagai sudut SDN Jatimulyo 2 Malang kini menjelma menjadi tempat yang nyaman bagi siapa saja dan aneka rupa kerajinan terpajang rapi berkat tangan cekatan Ismanu atau Yuda.

41748028_1790654194385523_6234343109740724224_n

Sambutan meriah diberikan keluarga besar SDN Jatimulyo 2 Malang pada dewan juri GSF 2018 termasuk orangtua siswa yang kompak hadir pula menyuguhkan aneka jajanan sehat dan turut serta menyajikan kreasi gerak dan lagu yel – yel GSF 2018. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *