Dinas Pendidikan Kota Malang

53 Siswa SDN Rampal Celaket 1 Malang Coba CBT

IMG-20180920-WA0059

Malang – 53 siswa kelas enam SDN Rampal Celaket 1 Malang yang kini dikepalai oleh Farida Ariani, S.Pd mencoba Computer Basic Test (CBT) atau ujian sekolah berbasis komputer pada Kamis, 20 September 2018 sebagai upaya pengenalan sekaligus pembelajaran menyongsong kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) yang bakal melaksanakan ujian sekolah berstandar nasional jenjang SD berbasis komputer.

IMG-20180920-WA0055

” Pelaksanaan uji coba CBT pada hari ini merupakan pembelajaran sekaligus pengenalan pada siswa kelas enam bagaimana cara mengoperasikan komputer dan memberikan jawaban atas soal yang disajikan. Sehubungan dengan terbatasnya sarana komputer yang kami miliki, sebelum melaksanakan uji coba CBT ini kami melakukan sosialisasi pada orangtua terlebih dahulu. Dan kami bersyukur respon orangtua siswa sangat besar dengan adanya kesediaan mereka meminjamkan komputer jinjing/laptop untuk digunakan uji coba CBT ini ” terang Kepala SDN Rampal Celaket 1 Malang Farida Ariani, S.Pd.

IMG-20180920-WA0061

Lebih lanjut Farida menuturkan, selain laptop pinjaman dari para orangtua siswa pada uji coba CBT inipun menggunakan laptop milik dewan guru termasuk dua unit laptop miliknya. Diharapkan dengan adanya uji coba CBT pada hari ini siswa kelas enam nantinya dapat menjalani Penilaian Tengah Semester (PTS) pada Senin, 24 September 2018 mendatang berjalan dengan baik dan lancar.

IMG-20180920-WA0041

Selain menghemat waktu khususnya alokasi waktu koreksi jawaban, dengan metode CBT yang dapat menampilkan nilai hasil jawaban siswa atas soal yang disajikan, juga menghemat biaya karena tidak memerlukan lagi kertas untuk mencetak soal maupun lembar jawaban siswa.

Farida Ariani, S.Pd beserta jajarannya sangat berterima kasih atas besarnya dukungan orangtua siswa sehingga program kerja uji coba CBT inipun berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

IMG-20180920-WA0038

Pelaksanaan uji coba CBT oleh siswa kelas enam SDN Rampal Celaket 1 Malang inipun dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir pada 13.00 yang terbagi atas tiga sessi rombongan peserta CBT dengan alokasi 120 menit setiap sessinya. Terbatasnya jumlah sarana komputer jinjing yang digunakan sebagai sarana uji coba CBT, 53 siswa kelas enM SDN Rampal Celaket dibagi atas tiga sessi terdiri atas sessi satu diikuti oleh 20 siswa, sessi dua diikuti oleh 20 siswa dan sessi ketiga diikuti oleh 13 siswa. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *