Dinas Pendidikan Kota Malang

Dindik Paparkan Implementasi Pendayagunaan TIK pada Tim Verlap AKH

P_20180927_095735

Malang – Kamis, 27 September 2018 Dinas Pendidikan Kota Malang memaparkan implementasi pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dijalankan oleh Organisasi Perangkat Daerah yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM dalam melaksanakan tata kelola pendidikan di Kota Malang pada tim Verifikasi Lapangan Anugerah Ki Hajar (Kita Harus Belajar)

Anugerah Ki Hajar (AKH) merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam hal ini dilaksanakan oleh Pusat TIK Kementrian yang dipimpin oleh Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP dalam rangka mendorong, memotivasi serta memberikan apresiasi pada insan pendidikan di nusantara agar memanfaatkan perkembangan teknologi yang dinamis secara positif dengan mengaplikasikannya pada proses pemenuhan Tupoksi sehingga asas efisiensi, efektifitas serta daya guna program kerja yang disusun dapat diwujudkan dengan baik.

P_20180927_093237

Tiga orang tim verifikasi lapangan AKH yang terdiri atas Hermanto. Nyoman dan Maria diterima secara langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto, Kepala Bidang Pembinaan SMP Siti Ratnawati, SH, M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan PTK Dra. Sri Sutrisnawati, M.Pd., kasubag Keuangan serta jajaran Kepala Seksi dimasing – masing bidang pembinaan yang ada di Dinas Pendidikan Kota Malang.

Tim Verlap AKH secara seksama menyimak paparan berbagai aplikasi berbasis teknologi daring yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang yang disampaikan secara bergantian oleh staff Dindik yang ditunjuk sebagai operator atau penanggung jawab setiap aplikasi.

P_20180927_105249

Beberapa aplikasi berbasis daring yang digunakan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang yang disampaikan diantaranya Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK), Sistem Penyusunan RKA, Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA), Sistem Presensi Terkini (Si Preti), Sistem Informasi Manajemen ASN (SIMAS), Surat Digital (SURADI) yang dapat memberikan disposisi secara langsung, Sistem Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), SAMBAT Online, dan berbagai aplikasi lainnya yang menunjang tata kerja dan tata kelola Dinas Pendidikan.

P_20180927_104018

” Kami senantiasa menjalankan dan up date aplikasi baik yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, Pemerintah Daerah dan senantiasa melakukan pengembangan pada aplikasi yang dibuat oleh Dinas Pendidikan. Semua aplikasi yang kami jalankan sangat membawa manfaat dan mewujudkan tata kelola dan tata kerja pelayanan pendidikan yang efisien, efektif, transparan serta berintegritas. ” terang Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto.

P_20180927_093258

Sementara itu, ketua tim verlap AKH Hermanto menuturkan bahwasannya kehadiran dirinya beserta dua rekannya di Dinas Pendidikan Kota Malang merupakan serangkaian kegiatan sebagai media evaluasi dan visitasi langsung atas dokumen – dokumen yang diunggah pada laman yang disediakan sebagai parameter penilaian. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *