Dinas Pendidikan Kota Malang

TBI 1440 H Momentum SD Insan Amanah Perkuat Jiwa Sosial Berbagi Sesama

Screenshot_20180928-065748_1

Malang – Jajaran SD Insan Amanah yang kini dikepalai oleh Suhardini Nurhayati, M.Pd terus membangun karakter 650 peserta didiknya untuk cerdas akademis dan cerdas religiusnya. Momentum hadirnya Tahun Baru Islam (TBI) 1440 Hijriyah menjadi salah satu wahana memperkuat karakter jiwa sosial berbagi denan sesama pada ratusan peserta didik satuan pendidikan yang berada di kawasan Perumahan Griyashanta Jalan Soekarno – Hatta.

Selama dua hari, mulai Kamis 27 September hingga Jum’at 28 September 2018 seluruh keluarga besar SD Insan Amanah yang tidak hanya melibatkan peserta didik, pendidik dan tenaga pendidikan semata, namun puluhan orangtua siswa perwakilan dari masing – masing kelas “bedhol sekolah” melaksanakan kegiatan tilik Panti Asuhan.

Screenshot_20180928-065733_1

” Kegiatan tilik Panti Asuhan ini mendapatkan animo yang luar biasa dari orangtua siswa. Hal itu ditunjukkan dengan dana shodaqoh, amal jariyah dan santunan yang tidak hanya berupa dana segar sebesar 58 juta rupiah bagi pembangunan Masjid Panti Asuhan Al Kaaf, tapi juga 130 paket bantuan pendidikan berupa tas lengkap dengan alat tulis maupun paket sembako yang tidak akan mungkin terwujud tanpa dukungan penuh orang tua siswa ” jelas Kepala SD Insan Amanah Suhardini Nurhayati, M.Pd.

Screenshot_20180928-065738_1

Lebih lanjut, wanita ramah berhijan penuh inovasi dan prestasi itupun menuturkan bahwasannya jajarannya berusaha maksimal mewujudkan sekolah berbasi Penguatan Pendidkkan Karakter yang telah diresmikan secara langsung oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy , M.AP beberapa waktu lalu. Melalui tilik Panti Asuhan ini, lima pilar PPK yakni Religius, Nasionalisme, Mandiri, Integritas dan gotong royong dapat diimplementasikan bersama sekaligus.

Screenshot_20180928-073321_1

Apa yang dituturkan Suhardini bukanlah isapan jempol semata. Pilar religius nyata adanya dengan pengumpulan donasi pembangunan masjid yang notabene merupakan tempat ibadah yang dalam ajaran Islam dianjurkan untuk dimakmurkan dengan memperindah dan menggiatkan kegiatan ibadah sesuai tuntunan yang ada. Dengan peduli sesama berupa bantuan paket alat tulis serta sembako selain meringankan beban sesama juga menumbuhkan nasionalisme pada diri siswa SD Insan Amanah.

Pada kegiatan tilik Panti Asuhan ini, ratusan siswa berbaur dan mengikuti segala kegiatan maupun aturan panti asuhan yang biasanya dilaksanakan oleh pihak panti asuhan Al Kaaf pada anak asuhnya, termasuk mencuci piring, merapikan kamar tidur serta beberapa kegiatan lainnya yang secara tidak langsung memupuk jiwa mandiri siswa sekaligus jujur pada diri sendiri.

Screenshot_20180928-065743_1

Kegiatan tilik Panti Asuhan sebagai bentuk rasa syukur akan hadirnya TBI ini tidak akan terlaksana tanpa adanya kerjasama antar anggota keluarga besar SD Insan Amanah yang secara bergotong royong gendong indit memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sehingga berkat gotong royong itulah kegiatan super positif ini terwujud dan terlaksana dengan baik. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *