Dinas Pendidikan Kota Malang

KKG Gugus 1 Malang Saling Asah Asuh dan Asih Tingkatkan Kapasitas Diri

Malang – Workshop Pembelajaran Jaman Now yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 1 Malang yang terdiri atas guru dari SDN
SDN Sukun 1, SDN Sukun 2, SDN Sukun 3, YBPK Ngaglik, SDK Indriyasana MI Ma’arif 2, dan MI Raden Patah menjadi salah satu wujud nyata bahwasannya KKG tidaklah hanya merupakan sebuah identitas organisasi semata, namun lebih pada proses saling asah asuh dan asih antar sesama anggotanya guna menibgkatkan kapasitas diri anggotanya.

Screenshot_20180928-171535_1

Workshop Pembelajaran Jaman Now yang diselenggarakan oleh KKG Gugus 1 Sukun dengan mekanisme in on in yang pembukaannya dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah MM pada Minggu 1 September 2018 di Hotel Grand Palacae memasuki tahap akhir dengan ditandai prosesi penutupan oleh pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang Wilayah Kecamatan Sukun Drs. Didik Siswanto MPd.

Penutupan Workshop Pembelajaran Jaman Now yang dihadiri oleh 65 orang guru kelas dan lima orang guru mata pelajaran inipun dilaksanakan di ruang serba guna SDN Sukun 3 Malang kawasan jalan Rajawali No. 1 pada Sabtu 22 September 2018.

P_20180922_084021

Dalam arahannya Ketua Gugus 1 Sukun yang juga merupakan Kepala SDN Sukun 3 Malang Drs. Surahman berharap meskipun penyelenggaraan penutupan Workshop Pembelajaran Jaman Now ini tidak dilaksanakan di hotel sebagaimana waktu pembukaan, namun diharapkan tetap memberikan atmosfer semangat untuk pembaharuan demi meningkatnya kapasitas dan potensi diri sebagai pendidik sehingga pada akhirnya dapat menyajikan pembelajaran yang menarik pada siswa dan berimplikasi pada peningkatan capaian hasil belajar siswa yang memuaskan sesuai dengan harapan yang diinginkan bersama.

FB_IMG_1538129267627

” Kami berharap KKG bukan hanya sekedar sebuah identitas wahana berkumpulnya para guru semata, namun juga menjadi tempat pemecahan permasalahan, persoalan, kendala, hambatan dalam proses pembelajaran. Dengan saling asah, asuh dan asih antar anggota maka pemerataan kualitas kompetensi guru dapat diwujudkan. Hal itu tidak lain dikarenakan setiap individu guru memiliki inovasi, kreasi, daya nalar dan daya tangkap yang berbeda beda tingkatannya. Maka perlua adanya sharing kemampuan untuk saling melengkapi satu dengan yang lainnya. ” tutur Pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang Wilayah Kecamatan Sukun Drs. Didik Siswanto, M.Pd dalam prakata sambutannya.

FB_IMG_1538129523867_1

Sementara itu, Ketua KKG Gugus 1 Sukun Semin Rudi Hartono, M.Pd yang juga merupakan Guru Kelas lima SDN Sukun 3 Malang menuturkan bahwasannya kegiatan Workshop Pembelajaran Jaman Now ini terbagi atas tiga termin yakni termin In satu, On selama dua minggu dan In dua sekaligus penutupan yang diisi dengan presentasi peserta berdasarka pengalaman selama OJL dalam mengimplementasikan RPP, Supervisi pembelajaran kepala sekolah dan Presentasi antar kelompok berdasarkan mata pelajaran yang diampu maupun kelas

Momentum penutupan Workshop Pembelajaran Jaman Now KKG Gugus 1 Sukun inipun dimanfaatkan pula sebagai media sosialisasi serta bimbingan tata cara pengisian buku induk maupun buku penyerahan ijasah dengan membawa contoh raport, membawa satu set contoh buku induk yang diharapkan guru – guru Gugus 1 Sukun mampu mengisi dan mau mengisi buku induk dengan baik dan benar, mengingat pentingnya Buku Induk Siswa maupun Buku bukti penyerahan ijasah sebagai bentuk langkah antisipasi jika dikemudian hari terdapat peristiwa yang tidak diinginkan. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *