Dinas Pendidikan Kota Malang

Konsistesi Dindik Manfaatkan TIK Diapresiasi Anugerah Kihajar Oleh Kemdikbud

IMG-20181013-WA0040

Malang – Usai melakoni beberapa tahapan penilaian dalam ajang Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemdikbud) Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan dinilai layak menerima penghargaan Anugerah Kihajar tahun 2018 kategori Madya.

Penghargaan Anugerah Kihajar merupakan salah satu bentuk apresiasi Kemdikbud bagi kepala daerah yang peduli terhadap pemanfaatan ataupun pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan dan kebudayaan. Penghargaan inipun diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Jendral Kemdikbud Didik Suhardi, PhD kepada Walikota Malang Drs. H. Sutiaji di Hotel Sultan Jakarta pada Jum’at 12 Oktober 2018.

IMG-20181013-WA0006

Dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM beserta Kepala Sub Bagian Penyusunan Program Heny Rachmaniar, S.P., MM Walikota Malang Drs. H. Sutiaji memaparkan berbagai kebijakan serta program kerja Pemerintah Kota Malang dalam pendayagunaan TIK di bidang Pendidikan serta Kebudayaan dihadapan panelis dewan juri Anugerah Kihajar 2018.

IMG-20181013-WA0010

Lebih lanjut Didik Suhardi, P.hD menambahkan bahwasannya Kebutuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pendidikan tidak dapat dihindari, selain tuntutan kemajuan zaman, juga karena kondisi negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau maka TIK merupakan salah satu solusi terhadap proses pembelajaran yang bermutu. Kemendikbud memberikan apresiasi kepada daerah yang sudah berupaya keras dalam memajukan pendidikan dengan mendayagunakan TIK di wilayahnya.

IMG-20181013-WA0009

Usai menerima penghargaan Anugerah Kihajar Walikota Malang Drs. H. Sutiaji menghaturkan terima kasih kepada seluruh jajarannya utamanya Insan Pendidikan Kota Malang sebagai objek dan subjek dari program kebijakan pendayagunaan TIK. Walikota Malang terpilih yang baru saja dilantik itupun menambahkan bahwawannya dimasa mendatang akan terus berupaya meningkatkan pelayanan pendidikan utamanya bidang karakter dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan dan budi pekerti pada anak usia dini dalam rangka menghantar generasi 4.0.

Menjamin akses dan kualitas pendidikan yang menjadi salah satu point dalam misi pertama pasangan walikota-wakil walikota Kota Malang, Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko ini sudah terapresiasi dalam penghargaan ini. Mempertahankaan dan meningkatkan prestasi ini akan selalu dilakukan. Integrasi Aplikasi antara Dinas Pendidikan dengan seluruh ekosistem pendidikan seperti industri, organisasi profesi, orang tua, siswa, guru dan NGO Pendidikan menjadi RJP bidang TIK dan segera mewajibkan satuan pendidikan untuk membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Diakhir acara tersambung video conference dengan Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang sedang bertugas di daerah bencana Sumbawa. “Saya mengucapkan selamat dan terima kasih yang tak terhingga atas seluruh pengabdian, pengorbanan yang tak kenal lelah dibidang pendidikan yang ibu bapak lakukan selama ini. Mudah-mudahan dengan pemberian penghargaan Kihajar award 2018 akan menginspirasi kepada pada pelaku pendidikan yang lain.

IMG-20181013-WA0014

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menghaturkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari semua pihak seperti Pemerintah Kota Malang yang senantiasa memberikan dukungan terhadap program kerja yang disusun oleh Dinas Pendidikan, Anggota DPRD serta insan pendidikan Kota Malang yang menjalankan kebijakan dengan baik sehingga pada akhirnya kerja keras, daya dan upaya semua pihak diapresiasi oleh Kemdikbud dalam bentuk pemberian Anugerah Kihajar 2018. (Erik Maulana/Humas Pemkot Malang – Fandi Harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *