Dinas Pendidikan Kota Malang

Kadindik Paparkan Inovasi dan Tata Kelola Pendidikan Pada Jajaran Dindik Yogyakarta

P_20181015_091332

Malang – Bertempat di ruang pertemuan VIP Dinas Pendidikan Kota Malang, Senin 15 Oktober 2018 Kawasan Jalan Veteran No. 19 Kadindik Dra. Zubaidah, MM didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMP Siti Ratnawati, SH., M.Pd., Kepala Sub Bagian Penyusunan Program Heny Rachmaniar, SP., MM., Kepala Sub Bagian Umum Ira Samsyiar, S.Sos menerima Kunjungan Kerja jajaran Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Seperti lazimnya saat menerima kunjungan kerja dari berbagai pihak, Dra. Zubaidah, MM Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang kembali memaparkan Program kerja, inovasi dan juga tata kelola pendidikan yang dijalankan oleh jajarannya pada lima orang staff Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang terdiri atas Mujiono, Dwiyono, Darmawan, Umi Nadiroh dan Bening Lestari.

” Seperti halnya Kota atau Kabupaten yang ada di Indonesia tentunya dalam menjalankan Tupoksinya menyesuaikan dengan peraturan yang ada. Pun demikian halnya dengan Dinas Pendidikan Kota Malang. Mungkin yang membedakan hanyalah inovasi yang dikembangkan ataupun program kerja yang menyesuaikan situasi dan kondisi masing – masing daerah ” tutur Dra. Zubaidah, MM.

P_20181015_085445

Lebih lanjut, Dra. Zubaidah, MM memaparkan beberapa inovasi yang telah dijalankan diantaranya pengadaan bus sekolah gratis, operasi sayang sebagai upaya menekan kenakalan pelajar, Green School Festival (GSF) ajang menimbuhkembangkan budaya peduli lingkungan pada insan pendidikan dan masyarakat, tryout kejujuran sebagai langkah membangun karakter berintegritas sejak dini, penerapan raport rekam jejak, pengembangan serta peningkatan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik maupun komite sekolah melalui berbagai ajang workshop, bimtek dan lomba.

Sementara itu, Kasubag Penyusunan Program Dinas Pendidikan Kota Malang Heny Rachmaniar, SP., MM membeberkan beberapa alokasi anggaran dalam rangka mengakomodir amanat perundangan yang ada seperti pengadaan komputer pada jenjang SMP Negeri sebagai upaya pemenuhan sarana prasarana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) agar dapat dilaksanakan dalam dua sessi.

P_20181015_083753

” Saat ini kami juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan komputer jelang persiapan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) pada jenjang SD yang include dengan sarana prasarana penunjang lainnya. Selain itu kami juga melaksanakan berbagai kebijakan lainnya yang dikeluarkan oleh Kemdikbud seperti input Dapodik, DHGTK maupun aplikasi lainnya. Dan syukur Alhamdulillah Jum’at kemsrin kami mendapatkan apresiasi dari k3lemdikbud terkait pendayagunaan TIK yang diterapkan insan Pendidikan Kota Malang seperti SIMDIK, Si PreTI, Trasspack, E Catalog, SIMBADA serta aplikasi lainnya ” tutur Heny Rachmaniar, SP., MM.

P_20181015_091239

Usai mendengarkan pemaparan inovasi, program kerja serta kebijakan tata kelola pendidikan yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dilanjutkan dengan sessi tanya jawab dan ditutup dengan prosesi saling bertukar cindera mata antara Dinas Pendidikan Kota Malang dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *