Dinas Pendidikan Kota Malang

SDN Rampal Celaket 1 Pertebal Nasionalisme Sekaligus Tingkatkan Potensi Akademis

IMG-20181015-WA0062

Malang – Senin, 15 Oktober 2018 menjadi salah satu hari tersibuk jajaran SDN Rampal Celaket 1 Malang. Satuan pendidikan jenjang SD yang dikepalai oleh Farida Ariani, S.Pd itupun menggelar tiga kegiatan sekaligus dengan melibatkan unsur eksternal yakni Babinsa Kelurahan Rampal Celaket dan juga Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Kegiatan hari pertama masuk sekolah yang diawali dengan pembiasaan upacara bendera sebagai upaya memperkuat nasionalisme pada peserta didik SDN Rampal Celaket 1 kali ini berbeda pada upacara biasanya. Jika pada pelaksanaan upacara bendera yang rutin diselenggarakan setiap hari Senin di pimpin oleh Kepala Sekolah ataupun jajaran tenaga pendidik secara bergantian, namun kali ini sebagai pembina upacara hadir dari unaur Babinsa Rampal Celaket dalam hal ini Sersan Mayor Sugito.

IMG-20181015-WA0064

” Jadilah generasi penerus bangsa yang berkepribadian luhur dan berjiwa Pancasila. Jiwa nasionalisme harus tertanam sejak dini sebagai benteng bangsa dan negara untuk hidup harmonis dalam bhineka tunggal ika. Waspadalah pada segala ancaman yang merongrong NKRI dalam berbagai bidang, termasuk melemahkan generasi muda melalui berbagai jenis obat – obatan terlarang ataupun makanan dan minuman yang dapat menjerumuskan generasi muda ke jurang kehancuran ” tutur Sersan Mayor Sugito dalam amanat upacaranya.

IMG-20181015-WA0065

Usai melaksanakan upacara bendera, Serma Sugito didampingi Kepala SDN Rampal Cekaket 1 Farida Ariani, S.Pd beserta Jajarannya meninjau pembelajaran yang dijalani siswa satuan pendidikan yang berada di Jalan Tretes Selatan No. 26.

IMG-20181015-WA0055

” Kebetulan pada hari ini kami juga melaksanakan pembelajaran berkonsep pameran dengan tema profil negara – negara anggota ASEAN. Selain dipamerkan, siswa juga belajar berdiskusi dan adu argumentasi saat masing – masing siswa mempresentasikan profil Negara Anggota ASEAN yang mereka kerjakan. Melalui tugas ini diharapkan selain mengenal detail kondisi negara tetangga juga menumbuhkembangkan rasa kecintaan pada Nusantara sekaligus rasa syukur telah menjadi Warga Negara Indonesia yang kaya dan makmur ” jelas Farida Ariani, S.Pd.

IMG-20181015-WA0054

Lebih lanjut wanita berhijab berkacamata itupun menuturkan bahwasannya pembelajaran dengan konsep pameran ini baru pertama kali dilangsungkan dan mendapat perhatian yang luar biasa tidak hanya dari siswa, namun juga orangtua. Pelibatan orangtua dalam penyelesaian tugas ini menjadi salah satu tujuan kami dalam rangka mempererat hubungan emosional orangtua dengan buah hati mereka. Dan dirinya bersyukur, metode pembelajaran dengan konsep pameran ini sangat diaukai siswanya dan lebih mudah dipahami oleh mereka. Kedepan pembelajaran dengan konsep pameran ini akan dirutinkan dan menyeluruh pada setiap kelas di satuan pendidikan yang ia pimpin.

IMG-20181015-WA0068

Salah satu perwujudan nasionalisme yang cinta akan tanah air yakni memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik diantaranya dengan menjadi warga yang taat membayar pajak. Tidak dapat dipungkiri sebagian besar pemasukan daerah maupun pemasukan negara berasal dari pajak yang terbagi dalam aneka jenis. Untuk memberikan pemahaman tentang perpajakan sejak dini dan mudah untuk dipahami oleh siswa, SDN Rampal Celaket 1 bekerjasama dengan Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya memberikan pelatihan melalui aplikasi game edukasi perpahakan yang dikemas secara sederhana, menyenangkan namun tidak mengurangi makna serta kaidah perpajakan yang berlaku .

“Apa yang kami laksanakan pada hari ini bersama keluarga besar SDN Rampal Celaket 1 Malang merupakan implementasi Program kemitraan masyarakat yang dilakukan oleh  Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan mengangkat tema Pengembangan dan Pelatihan Aplikasi Games Edukasi Perpajakan bagi Early Tax Payer sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Pajak.”  tutur penanggung jawab program kemitraan sekaligus dosen FIA Universitas Brawijaya Priandhita Sukowidyanti Asmoro. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *