Dinas Pendidikan Kota Malang

Puspendik Balitbang Kemdikbud Jaring Masukan Dari Insan Pendidikan Kota Malang

P_20181024_121637

Malang – Selama dua hari mulai Selasa 23 Oktober 2018 hingga Rabu 24 Oktober 2018 Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspendik Balitbang Kemendikbud) menjaring masukan, saran dan juga evaluasi dari insan pendidikan Kota Malang. Kegiatan yang diikuti oleh 26 tenaga pendidik jenjang SD dan SMP inipun dilangsungkan di Ruang Rapat VIP Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan jalan Veteran No. 19.

Kegiatan ini merupakan satu rangkaian kegiatan Puspendik Balitbang Kemendikbud yang saat ini sedang mengembangkan empat modul yang terdiri atas modul penilaian karakter, modul penyusunan soal HOTS, modul penilaian test tertulis, dan modul penilaian berbasis kinerja. 26 tenaga pendidik Kota Malang jenjang SD dan SMP membahas sekaligus review atas dua modul yakni modul tes tertulis dan modul penilaian karakter. Sedangkan untuk dua modul lainnya yakni modul modul penyusunan soal HOTS dan modul penilaian berbasis kinerja dibahas di kota Yogyakarta.

P_20181024_121528

” Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini bertujuan untuk menguji keterbacaan modul tes tertulis dan modul penilaian karakter dengan menjaring masukan guru atau pendidik sebagai sasaran sekaligus pengguna modul. Sehingga pada akhirnya nanti akan ada evaluasi diiringi perbaikan sesuai dengan masukan yang diberikan sebelum di implementasikan di sekolah. ” Ir. Rumondang Purwati, MA staff Puspendik Balitbang Kemendikbud sekaligus penanggung jawab kegiatan di Kota Malang.

P_20181024_121712

Ir. Rumondang Purwati, MA staff Puspendik Balitbang Kemendikbud sekaligus penanggung jawab kegiatan di Kota Malang lebih lanjut menuturkan bahwasannya untuk memaksimalkan kegiatan ini agar tercapai tujuan yang diharapkan maka dibentuklah dua kelompok yang terbagi 13 orang pendidik setiap kelompoknya.

Sementara itu salah satu peserta yang merupakan pendidik di SDN Sukun 3 Malang sekaligus Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 1 Kecamatan Sukun Semin Rudi Hartono, M.Pd mengatakan bahwasannya dirinya bersama puluhan pendidik lainnya memulai kegiatan dengan membaca modul yang disediakan oleh Puspendik Balitbang Kemdikbud, kemudian dilanjutkan dengan diskusi membahas modul yang telah dibaca.

FB_IMG_1540524233770_1

” Kami dibagi dalam dua kelompok membahas dua modul yang ada dengan di isi diskusi, menyampaikan evaluasi, dan saran. Masing – masing kelompok dibimbing oleh tiga orang dari Puspendik Balitbang Kemdikbud ” tutur Semin Rudi Hartono, M.Pd (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *