Dinas Pendidikan Kota Malang

Disdik Malang Bakal Gelar LTK BOS

P_20181107_130304

Malang – Sebagai upaya nyata evaluasi sekaligus mengapresiasi sekolah dalam pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) maupun Bantuan Operasional Sekolah Nasional (BOSNAS) secara transparan dan akuntabel sesuai dengan peraturan yang berlaku, Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM dalam waktu dekat akan mengadakan Lomba Tata Kelola (LTK) BOSDA maupun BOSNAS.

P_20181107_091247

Rabu, 7 November 2018 bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, pukul 09.00 dilaksanakan Rapat Koordinasi Terbatas yang dipimpin langsung oleh Dra. Zubaidah, MM dan diikuti oleh Prof. Muhammad Amin dari unsur (DPKM) Dewan Pendidikan Kota Malang, Drs. Zainullah, M.Pd Koordinator Pengawas SD, serta dari Harian Jawa Pos Radar Malang selaku mitra kerja penyelenggara kegiatan LTK BOSDA dan BOSNAS.

Usai Rapat Koordinasi terbatas, bertempat di Aula Utama Dinas Pendidikan Kota Malang Kawasan Jalan Veteran No. 19 Malang tepat pukul 10.00 puluhan Kepala SD Negeri dari Kecamatan Klojen, Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Sukun mengikuti Workshop mengenai LTK BOSDA dan BOSNAS.

P_20181107_104828

Kegiatan inipun dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd., serta tiga orang narasumber. Dalam prakata sambutannya Dra. Zubaidah, MM menuturkan bahwasannya LTK BOSDA dan BOSNAS ini merupakan sebuah jalan untuk mengumpulkan bahan pertimbangan Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Kota Malang dalam menentukan kebijakan pembinaan dan pengawasan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekaligus sebagai bahan pertimbangan Dinas Pendidikan Kota Malang dalam menyiapkan peserta penilaian Tata Kelola Dana BOS di tingkat Provinsi dan Nasional.

P_20181107_110327

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kota Malang Prof. Muhammad Amin menegaskan bahwasannya kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan penilaian kinerja Kepala Sekolah dalam pengelolaan BOSNAS dan BOSDA secara transparan dan akuntabel, melakukan penilaian inovasi dan invensi Kepala Sekolah dalam pengelolaan BOSNAS dan BOSDA, memberikan informasi tentang pengelolaan BOSNAS dan BOSDA kepada stakeholder dan masyarakat secara transparan dan akuntabel, memberikan gambaran capaian keberhasilan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan mutu standar nasional pendidikan.

” Sasaran kegiatan Lomba Tata Kelola Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dinas Pendidikan Kota Malang 2018 adalah seluruh satuan sekolah jenjang pendidikan tingkat SD Negeri dan SMP Negeri dengan empat kategori lomba dan penilaian yang terdiri atas Manajemen Tata Kelola Dana BOS, Publikasi Tata Kelola Dana BOS, Desain Infografis Tata Kelola Dana BOS serta Juara Umum Tata Kelola Dana BOS. ” terang Koordinator Pengawas SD Drs. Zainullah, M.Pd

Beberapa tahapan penilaian yang bakal dilakoni SD Negeri maupun SMP Negeri se Kota Malang terdiri atas Sosialisasi, Site Visit penilaian dokumen dan observasi, Penilaian paparan kepala sekolah, Penilaian dokumen, Observasi fisik sekolah, Pengumuman 10 Besar dan diakhiri dengan Penganugerahan Juara peserta LTK BOSDA dan BOSNAS.

P_20181107_104854

Tujuan digelarnya LTK BOSDA dan BOSNAS oleh Dinas Pendidikan Kota Malang 2018 secara umum adalah untuk memberikan gambaran pengelolaan anggaran Bantuan Operasional Sekolah dan capaian Standar Nasional Pendidikan yang transparan dan akuntabel. Sedangkan secara khusus adalah Meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan dalam pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara transparan dan akuntabel, Sebagai acuan dalam memberikan informasi pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada stakeholder dan masyarakat, Memberikan informasi laporan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara transparan dan akuntabel kepada masyarakat, Meningkatkan inovasi kepala sekolah dalam pengelolaan Dana Bantuan Operasioanl Sekolah ((BOS) untuk meningkatkan capaian standar nasional pendidikan, Memberikan gambaran capaian keberhasilan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan mutu standar nasional pendidikan, Sebagai bahan pertimbangan pemerintah daerah khususnya dinas pendidikan kota
Malang dalam menentukan kebijakan pembinaan dan pengawasan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Sebagai bahan pertimbangan Dinas Pendidikan Kota Malang dalam mengikuti lomba
Tata Kelola Dana BOS ditingkat provinsi dan nasional. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *