Dinas Pendidikan Kota Malang

Gandeng USAID, KLH, Bapenas dan BPBD SMP Negeri 6 Malang Gelar Pelatihan APIK

P_20181110_081332

Malang – Perubahan iklim yang ekstrim rentan menimbulkan berbagai bencana alam seperti banjir, longsor serta bencana lainnya. Menyadari hal tersebut, perlu kiranya sebuah aksi nyata untuk meminimalisir ataupun melakukan pencegahan bencana oleh berbagai pihak. Aksi nyata ditunjukkan jajaran SMP Negeri 6 Malang yang kini dikepalai oleh Risna Widyawati, S.Pd,. Satuan pendidikan jenjang SMP yang berada di kawasan jalan Kawi No. 15 A itupun menyambut baik uluran kerjasama berbagai pihak diantaranya USAID, Kementrian Lingkungan Hidup, Bapenas, dan Badan Penanggulanggan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Gelar Pelatihan Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK) Bencana.

P_20181110_083202

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu. 10 November 2018 itupun diikuti oleh peserta yang terdiri atas 30 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta 150 peserta didik perwakilan dari kelas tujuh, kelas delapan dan kelas sembilan.

P_20181110_082947

Dalam sambutannya, Kepala SMP Negeri 6 Malang, Risnawati, S.Pd mengatakan tawaran kerjasama ini sangat banyak membawa manfaat mengingat banyaknya bencana alam yang kerap terjadi di sekitar kita. Melalui kegiatan APIK ini kami berharap peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 6 Malang dapat lebih tanggap manakala tertimpa bencana dan yang lebih penting lagi memiliki karakter, budaya serta keterampilan meminimalisir bencana dengan pembiasaan cinta lingkungan.

P_20181110_082704

Sementara itu perwakilan USAID Dwi Prihanto memberikan gambaran pentingnya membangun ketangguhan resiko bencana banjir dan longsor menginggat Kota Malang merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi bencana karena geografi maupun demografi Kota Malang sangatlah kompleks dan dinamis seiring perkembangan waktu. USAID menjalin kerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam hal ini dengan Bapenas, KLH maupun Badan Penangulanngan Bencana Nasional, mengembangkan konsep penangulangan dan pencegahan bencana demi terwujudnya masyarakat yang tangguh pafa bencana.

P_20181110_081907

” Konsep tersebut kami sosialisasikan pada komunitas – komunitas yang ada di Kota Malang serta dunia pendidikan. Rencananya kegiatan ini bakal dilaksanakan pula pada jenjang TK/PAUD, maupun jenjang SD. Lebih lanjut kami akan berkoordinasi serta menjalin komunikasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM terkait satuan pendidikan PAUD/TK maupun SD yang akan kami berikan pelatihan APIK ini ” jelas Dwi Prihanto Perwakilan USAID Propinsi Jawa Timur.

P_20181110_083150

Ratusan peserta workshop Membangun Ketangguhan Resiko Bencana inipun mendapatkan berbagai materi sesuai dengan harapan dan tujuan yang ingin diwujudkan. Beberapa materi yang disampaikan pada peserta workshop diantaranya penjelasan umum definisi bencana, sebab dan akibat bencana, serta cara penangulangan saat terjadi bencana maupun langkah langkah preventif agar dapat meminimalisir terjadinya bencana seperti bencana banjir maupun bencana tanah longsor yang banyak disebabkan oleh kelalaian masyarakat dalam menjaga keseimbangan alam. Beberapa narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini diantaranya Indra Gita dan Endi Suhadi dwri BPBD Kota Malang

Kegiatan APIK inipun meliputi pelatihan tentang resiko iklim dan cuaca, Sistem Informasi Geografis (SIG), pelatihan tanggap bencana agar lebih tangguh jika terjadi bencana sewaktu waktu, serta mengintegrasikan adaptasi perubahan iklim dan pengurangan resiko bencana dalam perencanaan pembelajaran pada satuan pendidikan yang kemudian di susun Rencana Tindak Lanjut sebagai bagian dari kegiatan workshop APIK sehingga program ini senantiasa berkesinambungan. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *