Dinas Pendidikan Kota Malang

SMPN 18 Malang Berjaya Pada FLS2SN

Pemenang FLS2N berpose bersama Wakasek Kesiswaan dan pembina PPST SMPN 18 Malang (fandi harianto)

Pemenang FLS2N berpose bersama Wakasek Kesiswaan dan pembina PPST SMPN 18 Malang (fandi harianto)

Malang – SMP Negeri 18 Malang yang berada dikawasan jalan Soekarno Hatta A-394 inipun tidak ingin status sekolah PPST ( Paguyuban Pecinta Seni Tradisi ) hanya menjadi sebuah nama saja. Hal itu ditunjukkan dengan berbagai kegiatan dan juga raihan prestasi membanggakan yang berhasil diraih oleh anak didik sekolah yang kini dikepalai oleh Drs. Budi Santoso, MM.

Lewat pembinaan seni di “Eka Hasta” PPST SMPN 18 Malang yang meliputi pembinaan seni gamelan, karawitan, seni musik tradisi dan tari inipun selalu berusaha menanamkan kecintaan budaya nusantara pada 1.056 siswanya yang yerbagi dalam 32 rombongan belajar.

” Saat ini kami sedang melakukan pembibitan generasi baru karena saat ini siswa siswa SMPN 18 Malang yang gemilang dalam bidang seni telah lulus. Namun berkat kerjasama dan dukungan semua pihak perlahan namun pasti prestasi seni anak didik kami menunjukkan hasil yang memuaskan bagi kategori pemula. ” tutur Wakil Kepala SMPN 18 Malang bidang Kesiswaan Joni Sutaryono, S.Pd, M.Pd

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Joni itupun menuturkan bahwa prestasi gress yang berhasil di boyong anak didiknya diantaranya Juara 1 Seni Tari, juara 2 musik tradisi, juara harapan 1 gitar solo dalam ajang Festival Loma Seni Sastra Nusantara (FLS2N) yang dihelat pada 3-4 Mei lalu di SMPN 1 Malang.

Pembibitan dan penelusuran bakat serta minat anak didik di SMPN 18 Malang dilakukan rutin tiga bulan sekali melalui lomba seni, olahraga dan mata pelajaran.

Sementara itu, guru tari sekaligus pembina PPST ” Eka Hasta ” Arin Suyanto , S.Pd menjelaskan bahwa anak asuhannya berhasil memikat hati dewan juri usai membawakan tari garapan kreasi sendiri bertajuk Makaryo. Tari Makaryo itupun dibawakan secara rancak oleh lima anak didik yang kini duduk di kelas 7 dan 8. Tari ini sendiri menggambarkan kegiatan petani yang sedang bekerja menggarap lahannya.

” Kami akan selalu mengapresiasi siswa berprestasi dan juga siswa yang memiliki bakat dan minat. Baik itu melalui ekskul maupun intrakurikuler ” terang kepala SMPN 18 Malang Drs. Budi Santoso (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *