Dinas Pendidikan Kota Malang

Siapkan Akreditasi, Gugus 4 Lowokwaru Gelar Pengarahan Bersama

IMG-20180108-WA0067

Malang – Jelang gelaran akreditasi yang bakal dilakoni oleh sekolah se Gugus 4 Lowokwaru yangvterdiri atas SDN Percobaan 1, SDN Sumbersari 2, SDN Sumbersari 3 dan SDN Ketawanggede melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan menggelar pengarahan persiapan instrumen akreditasi pada Senin 8 Januari 2018 di aula SDN Percobaan 1 Malang.

Screenshot_20180108-144155_1

” Dengan menggelar pengarahan persiapan instrumen akreditasi yang teridiri atas delapan standart nasional pendidikan seperti standar proses, standar isi, standar pembiayaan, standar sarana prasarana, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, dan standar penilaian sekolah se Gugus 4 Lowokwaru dapat meraih hasil yang maksimal. ” terang Ketua Gugus 4 Lowokwaru sekaligus Kepala SDN Percobaan 1 Malang Dra. Anny Saidah.

IMG-20180108-WA0055

Dihadapan para peserta pengarahan persiapan akreditasi, pengawa SD Rinas Pendidikan Kota Malang Dra. Wahyuni Ismiatie, M.Pd mengatakan bahwasannya saat ini terjadi perubahan nilai.minimal yang harus diraih oleh sekolah jika ingin mendapatkan predikat akreditasi A. Jika pada periode sebelumnya minimal point yang harus didapatkan untuk memperoleh Akreditasi A hanya 86 point, tapi untuk periode ini minimal sekolah harus mendapatkan point 91.

IMG-20180108-WA0072

Peserta pengarahan persiapan akreditasi sekolah se Gugus 4 Lowokwaru inipun diikuti oleh 32 orang peserta yang merupakan koordinator masing – masing instrument akreditasi di empat SD serta kepala SDN Percobaan 1 Malang Dra. Anny Saidah, Kepala SDN Sumbersari 2 Sri Utami, S.Pd, Kepala SDN Sumbersari 3 Susanto, S.Pd serta Kepala SDN Ketawanggede Bambang Duryadi, S.Pd., M.Pd.

IMG-20180108-WA0066

Akreditasi sekolah yang rutin dilaksanakan setiap lima rahun sekali ini merupakan sebuah upaya untuk memperolah gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu; serta menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002 tentang akreditasi sekolah.

IMG-20180108-WA0057

Untuk sekadar diketahui, proses akreditasi merupakan sebuah pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS)/ Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) yang kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan. Akreditasi ini dilakukan dengan membandingkan keadaan sekolah yang sebenarnya dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *