Dinas Pendidikan Kota Malang

Dindik Kota Malang Gelar Lomba PS KS dan Guru Prestasi 2018

P_20180212_091256

Malang – Kembali Dinas Pendidikan Kota Malang melalui Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang kini dikepalai oleh Dra. Sri Sutrisnawati, M.KPd menggelar lomba pengawas, kepala sekolah dan guru prestasi tahun 2018. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun inipun dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto pada Senin, 11 Februari 2018 di Aula Dinas Pendidikan kawasan jalan Veteran No. 19.

” Atas nama kedinasan, kami mengucapkan terimakasih pada bapak ibu pengawas, kepala sekolah dan guru yang senantiasa berusaha dan mempersembahkan yang terbaik bagi kota Malang, sehingga prestasi demi prestasi terus berdatangan mengharumkan nama kota Malang di bidang pendidikan. Dan atas raihan berbagai prestasi itu, Dinas Pendidikan Kota Malang kerap dijadikan wahana study banding anggota DPRD, Dinas pendidikan wilayah lainnya ataupun yang berkepentingan dengan dunia pendidikan untuk sharing tata kelola pendidikan yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang ” tutur Drs. Totok Kasianto dihadapan puluhan peeerta lomba.

P_20180212_082908

Lebih lanjut, mantan sekretaris BPKAD itupun menuturkan bahwasannya ada tiga bidang utama yang menjadi perhatian Dinas Pendidikan dalam menjalankan Tupoksinya sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. Bidang sarana prasarana, bidang kurikulum dan penciptaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, inovatif, dan juga kreatif merupakan bidang utama pengelolaan pendidikan yang digarap serius. Lomba yang dilaksanakan mulai pagi ini merupakan salah satu bentuk nyata program pengembangan pengelolaan pendidikan bidang PTK.

Sementara itu dalam pelaporannya, Kepala Bidang Pembinaan PTK Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Sri Sutrisnawati, M.K.Pd mengatakan bahwasannya kegiatan ini di ikuti oleh Pengawasa, Kepala Sekolah, guru, tutor Paket A dan B jenjang TK, SD, SMP serta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebanyak 95 peserta. Lomba ini dimulai dengan seleksi pada masing – masing gugus kemudian dilanjutkan ke masing – masing kecamatan. Sehingga yang mengikuti kegiatan pada pagi hari ini merupakan hasil seleksi dan pilihan.

P_20180212_083937

” Ada serangkaian test yang harus dijalani oleh peserta lomba ini yang meliputi test tulis yang dilaksanakan pada hari ini, tes psikologi 12 Februari 2018 dan tes wawancara pada tanggal 13 dan 14 Februari 2018. Usai dinyatakan lolos, khusus bagi guru akan diambil lima besar yang selanjutnya diwajibkan mempresentasikan karya tulis ilmiahnya dihadapan dewan juri. Seperti pada pelaksanaan tahun sebelumnya, lomba kali ini juga melibatkan tenaga ahli dikalangan akademisi Univeritas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang dan dri kalangan Dinas Pendidikan dalam hal ini Pengawas TK, SD dan SMP. ” terang Sri Sutrisnawati.

Screenshot_20180121-121312_1

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM berharap peserta lomba memaksimalkan potensi dan kompetensinya dengan baik. Jangan sampai ajang lomba ini bukan hanya sebagai wahana untuk mendapatkan sertifikasi ataupun penghargaan semata, namun yang lebih penting yakni untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan pendidikan pada peserta didik maupun masyarakat, yang pada akhirnya nanti menghasilkan generasi penerus bangsa yang ceria, cerdas, cemerlang, bermartabat dan berkarakter melalui inovasi pembelajaran yang dikembangkan pendidik.

Pembukaan lomba Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Tutor jenjang TK, SD, SMP dan PKBM inipun dihadiri pula oleh Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan SMP Siti Ratnawati, SH., M.Pd., dan Koordinator Pengawas SD Drs. H. Zainullah, M.Pd. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *