IMG-20180810-WA0092

Malang – Bulan Agustus 2018 bisa jadi menjadi bulan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) SDN Tulusrejo 3 Malang yang kini dikepalai oleh Hj. Suji Rahayu, S.Pd. Bulan Implementasi PPK oleh jajaran satuan pendidikan jenjang SD yang berada di kawasan jalan Bantaran V No. 17 itupun diawali dengan menggelar Perkemahan Jumat dan Sabtu (Perjusa) bagi peserta didiknya yang duduk di kelas empat, kelas lima dan kelas enam. Selama dua hari pelaksanaan Perjusa, yang dihelat di halaman sekolah itupun jajaran SDN Tulusrejo 3 Malang berharap karakter Gotong royong, karakter integritas dan karakter mandiri peserta didiknya terbangun dengan kokoh.

KS LW Tulus 3 Rahayu 20180822_160755_1

Melalui perjusa ini mau tidak mau, kemandirian siswa secara tidak langsung terbentuk dengan sendirinya. Jika saat mereka dirumah bangun tidur langsung mandi tanpa membereskan tempat tidurnya, makan disiapkan oleh orangtua, ataupun kebutuhan lainnya disediakan serta menikmati kenyamanan dengan baik seperti bermain gadget sembari menonton TV, namun pada saat mengikuti Perjusa mereka harus mandiri dan bisa mempersiapkan keperluan atau kebutuhan mereka. Jiwa gotong royong pun akan Nampak terimplementasi secara nyata melalui Perjusa ini. Hal itu terbukti dengan kebersamaan mereka membersihkan tenda, membagi tugas memasak, membersihkan alat masak, membagi tugas saat menjalankan beberapa program yang disusun oleh panitia perjusa ataupun kegiatan kegiatan lainnya yang membutuhkan kebersamaan terang Kepala SDN Tulusrejo 3 Malang Hj. Suji Rahayu, S.Pd.

IMG-20180819-WA0012

Implementasi PPK secara nyata pun diperlihatkan melalui kegiatan jalan sehat bersama orangtua siswa. Karakter gotong royong kembali dikuatkan dengan menggalang kebersamaan antara jajaran SDN Tulusrejo 3 Malang dengan peserta didik dan orangtua peserta didik. Antusiasme dalam balutan kebersamaan ditunjukkan dari melimpahnya doorprize yang diberikan oleh orangtua guna memeriahkan gelaran jalan sehat ini. Tidak hanya doorprize semata, makanan dan minuman begitu mengalir deras dari orangtua siswa untuk memenuhi kebutuhan logistic.

IMG-20180819-WA0019

Rajutan kebersamaan dengan memotivasi orangtua siswa berpartisipasi dalam kegiatan SDN Tulusreo 3 Malang diwujudkan dalam bentuk gelaran lomba menghias tempeh. Orangtua siswa nampak orangtua siswa dengan semangat dan penuh keakraban duduk lesehan berbaur dengan yang lainnya menghias tempeh. Imajinasi dan kreas yang selama ini mengendap di alam fikir para orangtua dituangkan dengan goresan kuas lukis secara total dalam bentuk lukisan.

IMG-20180821-WA0090

Puncak peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 tahun inipun dipungkasi oleh jajaran SDN Tulusrejo 3 Malang dengan menggelar berbagai ragam lomba khas agustusan seperti lomba makan kerupuk, lomba sendok kelereng, lomba memindahkan bendera dan lomba lomba lainnya yang juga turut serta melibatkan partisipasi aktif orangtua siswa. Melalui lomba agustusan ini karakter nasionalisme, gotong royong dan integritas dikuatkan. Bagaimana kembali menumbuhkan kecintaaan pada permainan tradisional pada siswa yang saat ini mungkin lebih dominan menyukai permainan berbasis teknologi yang disediakan pada aplikasi gadget yang mau tidak mau secara perlahan menurunkan taraf sosialisasi anak. (fandi harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here