Dinas Pendidikan Kota Malang

Bentuk Siswa Berintegritas Disdik Kembali Adakan Tryout Kejujuran

IMG-20190228-WA0427

Malang – Belasan ribu peserta didik kelas enam jenjang SD Negeri dan SD Swasta pada Kamis 28 Februari 2019 menunaikan Tryout Kejujuran yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang bekerjasama dengan Harian Jawa Pos Radar Malang. Program kerja rutin yang diselenggarakan setiap tahun menjelang Ujian Sekolah Berstandar Nasional telah memasuki tujuh kali penyelenggaraan atau telah diadakan sejak tahun 2012 silam.

P_20190228_075515_1

“Tryout Kejujuran ini merupakan upaya nyata Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan Kota Malang untuk melatih, membiasakan serta membudayakan karakter integritas sejak dini pada siswa – siswi jenjang SD. Nilai tinggi yang didapat oleh peserta didik dalam ujian tiada berarti manakala saat proses penyelesaian soal yang diujikan dikerjakan dengan tidak jujur atau curang. Kami ingin menanamkan budaya bahwasannya Berani Jujur itu Hebat ” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM dihadapan para orangtua siswa kelas VI SDN Rampal Celaket 1 Malang.

IMG-20190228-WA0402

IMG-20190228-WA0361

IMG-20190228-WA0248

IMG-20190228-WA0327

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang menuturkan, Tryout yang diselenggarakan bekerjasama dengan Harian Jawa Pos Radar Malang ini bertajuk “Tryout Kejujuran” dikarenakan dalam proses pengerjaannya, siswa tidak diawasi dengan ketat, dapat dikerjakan di ruang kelas, di halaman sekolah, gazebo, aula atau tempat yang dirasa nyaman oleh peserta didik untuk mengerjakan soal yang ada. Disinilah karakter integritas atau kejujuran seorang siswa dapat dilihat. Apakah mengerjakan secara sungguh sungguh dengan segala daya dan upayanya, atau bahkan mengandalkan jawaban dari temannya dalam kata lain mencontek.

P_20190228_080705

Sementara itu, General Manager Harian Jawa Pos Radar Malang Don Virgo yang mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM memonitoring secara langsung pelaksanaan Tryout Kejujuran di SDN Rampal Celaket 2 dan di SDN Rampal Celaket 1 Malang menuturkan bahwasannya soal yang disajikan di halaman Koran Radar Malang disusun oleh kalangan akademisi serta pihak yang berkompeten dan disesuaikan kontennya dengan materi pembelajaran yang diberikan guru pada siswa.

images_1

” Dari tujuh kali penyelenggaraan Tryout Kejujuran ini para peraih nilai tertinggi mampu pula mendapatkan nilai maksimal pada penyelenggaraan USBN yang sesungguhnya. Sebab peserta didik dan jajaran sekolah usai melakoni Tryout Kejujuran segera melaksanakan evaluasi diiringi dengan pemantapan materi yang dirasa kurang dikuasai oleh siswanya. Sehingga akan lebih siap menghadapi USBN yang pada akhirnya dapat meraih hasil maksimal.

Ibu Zubaidah meninjau Tryout kejujuran_SD celaket 2_mahfud (2)

Seperti pada tahun – tahun sebelumnya, pelaksanaan Tryout Kejujuran Tahun 2019 inipun dimonitoring secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM. SDN Rampal Celaket 2 Malang dan SDN Rampal Celaket 1 Malang menjadi lokasi monitoring didampingi dengan General Manager Radar Malang Don Virgo (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *