P_20190426_074616

Malang – Bencana yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya dan pasti mrmbawa dampak kerusakan maupun korban jiwa mendapat perhatian tersendiri dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM itupun menyambut hangat berbagai kerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan edukasj waspada kebencanaan pada keluarga besar satuan pendidikan di Kota Malang.

P_20190426_083203

Beberapa pihak yang telah menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan dalam memberikan edukasi waspada kebencanaan diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang dan USAID, kinj giliran Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) yang diketuai oleh Agus Tedja Bawono turut berpartisipasi memberikan edukasi waspada kebencanaan.

P_20190426_083054

Edukasi waspada kebencanaan yang dilakukan oleh JKJT bekerjasama dengan Disdik salahsatunya di SD Bina Budi Mulia (BBM) yang dilaksanakan pada Jum’at 26 April 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di satuan pendidikan yang kini dikepalai oleh Asmadji, S.Pd inipun dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM bersama Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd.

P_20190426_074740

” Kami berterima kasih pada lembaga JKJT yang peduli pada pendidikan dengan menggelar kegiatan edukasi waspada kebencanaan sejak dini pada peserta didik agar dapat meminimalisir atau bahkan menghilangkan resiko korban jiwa manakala terjadi bencana di saat jam pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan di SD Bina Budi Mulia ini sangat tepat dilaksanakan mengingat kondisi sekolah berlantai empat yang rentan beresiko tinggi saat terjadi bencana. Semoga apa yang dilakukan pada hari ini membawa manfaat di masa mendatang, tentunya kami berharap agar jangan sampai terjadi bencana di Kota Malang ini. ” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM saat memberikan sambutannya.

P_20190426_072647

Sementara itu Asmadji, S.Pd Kepala SD Bina Budi Mulia sangat berterimakasih dan merasa terhormat atas perhatian yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan juga oleh JKJT pada satuan pendidikan yang dikepalainya, sehingga mendapatkan kesempatan menambah ilmu dan cara dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu waktu dapat terjadi dan menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa. Dengan edukasi waspada kebencanaan ini pihaknya beserta peserta didik SD Bina Budi Mulia dapat mengatasinya dengan baik.

P_20190426_073725

” Manakala terjadi bencana alam gempa bumi, hal pertama yang dilakukan bagi siswa yang berada di lantai teratas yakni mencari tempat berlindung. Segera rapatkan meja ke dinding kelas dan sembunyikan diri dibawah meja. Prioritaskan melindungi kepala dan tubuh semaksimal mungkin. Untuk siswa yang berada dilantai dasar jangan panik dan berhamburan keluar kelas. Lakukan hal yang sama dengan siswa di lantai teratas ” jelas Ketua JKJT Agus Tedja Bawana yang lebih akrab diaapa Ayah Teja dalam awal edukasinya.

P_20190426_080651

Selain di ikuti oleh ratusan peserta didik SD Bina Budi Mulia, kegiatan edukasi kewaspadaan bencana inipun diikuti pula oleh siswa TK Bina Budi Mulia yang bertepatan pula sedang melaksanakan kegiatan peringatan Hari Kartini serta siswa SMP Bina Budi Mulia. (fandi harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here