IMG-20190422-WA0085

Malang – Senin, 22 April 2019 Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen Kemdikbud) Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM dan Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Atimah, M.Pd melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) jenjang SD Tahun Pelajaran 2018/2019.

IMG-20190422-WA0064

Sedikitnya tiga satuan pendidikan jenjang SD didatangi secara langsung oleh Hamid Muhammad M.Sc., Ph.D bersama Dra Zubaidah, MM dan Dra. Atimah, M.Pd yakni SDN Blimbing 3 Malang dikawasan jalan Candi Kidal No. 3. SD Islam Sabilillah Malang di kawasan jalan Jendral Ahmad Yani No. 15 dan SDN Kauman 1 Malang di kawasan jalan Kauman No. 1.

IMG-20190422-WA0050

Di SDN Blimbing 3 Malang, Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D beserta Dra. Zubaidah, MM dan Dra. Atimah, M.Pd disambut antusias oleh Suryatiningsih, S.Pd., MM beserta jajarannya. Sebelum meninggalkan SDN Blimbing 3 Malang, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D menuliskan pesan untuk memotivasi seluruh jajaran SDN Blimbing 3 Malang yang kurang lebih berisi ” Tingkatkan Kualitas pendidikan di sekolah ini melalui pembelajaran berbasis TIK agar semua siswa memiliki kompetensi abad ke 21 yang diperlukan generasi emas 2045 “

IMG-20190422-WA0086

SD Islam Sabilillah menjadi sekolah kedua yang dikunjungi oleh Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM dan Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Atimah, M.Pd. Sekolah dibawah naungan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Sabilillah yang kini dikepalai oleh Nunik Slamet Hariarti, S.pd., M.Pd itupun mendapatkan pesan tertulis dari Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D yang isinya ” Tingkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini dengan memperkuat karakter, literasi dan kompetensi siswa”.

P_20190422_120515

Sekolah ketiga yang menjadi tempat monitoring dan evaluasi pelaksanaan USBK dalam rangkaian kunjungan kerja Dirjen Dikdasmen Kemdikbud) Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D adalah SDN Kauman 1 Malang. Nampak Kepala SDN Kauman 1 Malang Dra. Umi Kulsum , M.Pd, pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang Wilayah Kecamatan Klojen Dra. Ninit Sunarsih beserta dewan guru dan staff SDN Kauman 1 Malang menyambut kehadiran Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D beserta Dra. Zubaidah, MM dan Dra. Atimah, M.Pd.

Dua siswi SDN Kauman 1 Malang menyerahkan dua bucket bunga sebagai ucapan selamat datang sebelum melakukan monev di tempat diselenggarakannya USBK SDN Kauman 1 Malang.

P_20190422_120859

Dari kunjungannya di tiga SD serta melihat secara langsung pelaksanaan USBK, Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D mengapresiasi positif dan menilai Kota Malang telah berhasil menjalankan USBK SD Tahun Pelajaran 2018/2019 yang perdana diselenggarakan oleh Kemdikbud.

P_20190422_121621

” Keberhasilan dan kelancaran penyelenggaraan USBK ini tidak terlepas dari jalinan sinergitas antara Pemerintah Kota Malang dalam hal ini Dinas Pendidikan yang telah menganggarkan, membelanjakan dan mendistribusikan komputer ke semua SD dalam upaya percepatan terealisasinya USBK dengan satuan pendidikan sebagai unsur pelaksana kebijakan yang secara terstruktur dapat menterjemahkan dengan baik program Dinas Pendidikan Kota Malang serta partisipasi aktif dari orangtua siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya ” terang Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM memberikan informasi bahwasannya sebelum pelaksanaan USBK pada hari ini telah dilakukan berbagai kegiatan pemantapan berupa sosialisasi dan bimbingan teknis USBK kepada kepala.sekolah, operator maupun proktor dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten. Selain itu, proses pembiasaan penggunaan komputer pun telah dilaksanakan agar anak siap dan terlatih saat USBK digelar.

ipunk-Bu Zubaidah (2)_1

” Dinas Pendidikan juga telah melaksanakan tryout USBK sebanyaj empat kali yang sebelumnya digelar pula tryout kejujuran yang bekerjasama dengan media lokal maupun tryout berbasis kertas. Diharapkan selain anak terbiasa, terlatih juga dapat menumbuhkembangkan karakter berintegritas sejak dini. Sebab kami senantiasa berpedoman bahwasannya prestasi atau nilai bagus itu bukanlah yang terpenting melainkan kejujuran araupun integritas adalah yang utama. Sebagus apapun nilai yang diperoleh tidak akan bermakna manakala diraih dengan cara yang tidak jujur. ” pungkas Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM (fandi harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here