Malang – Di hari pertama Visitasi penjuriab Green School Festival (GSF) pada Senin, 7 Oktober 2019 Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM bersama dengan Jajaran Pimpinan Harian Jawa Pos Radar Malang diantaranya Kurniawan Muhammad selaku Direktur dan Don Virgo selaku General Manager monitoring di SDN Klojen Malang kawasan jalan Pattimura No. 1. Kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang bersama Jajaran Pimpinan Radar Malang disambut antusias Keluarga Besar SDN Klojen Malang yang kini dikepalai oleh Drs. Samsul Ma’arif, MM diawali dengan suguhan aksi kreasi barongsai yang merupakan salah satu ekstrakurikuler binaan satuan pendidikan yang didirikan pada tahun 1901 silam.

 

Visitasi penjurian Green School Festival pun menjadi ajang unjuk aksi dan kreasi dengan penampilan berbagai Ekstrakurikuler binaan lainnya serta yel yel yang menyerukan serta mengajak semua pihak untuk peduli pada lingkungan dengan mengenakan kostum unik, menarik memanfaatkan barang bekas yang dikreasi dengan apik oleh jajaran SDN Klojen Malang.

Usai prosesi sambutan, selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra, Zubaidah, MM, Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, General Manager Don Virgo, dan Tim Juri memasuki ruangan yang telah disediakan untuk mendengarkan paparan duta lingkungan GSF SDN Klojen Malang yang dibawakan secara bergantian oleh Reynita Malca Arayo Cahyono Putri, Miftahul Jannah, Zahira Khoirunnisa dan Alifia Yugi Syaira Adzani


Gelaran Green School Festival Tahun 2019 inipun berbeda dengan penyelenggaraan tahun – tahun sebelumnya yang hanya menyajikan tujuh isue sebagai dasar penilaian. Untuk penyelenggaraan tahun ini selain isue tata kelola lingkungan sekolah, energi, air limbah, tanaman hijau, sampah dan polusi, inovasi teknologi, literasi dan publikasi media sosial kini juga ditambahkan dua isue yaitu sekolah ramah anak serta sekolah sehat sebagai satu kesatuan dasar penilaian bagi dewan juri.

” Green School Festival dari tahun ke tahun senantiasa kami evaluasi pelaksanaannya. Hal positif yang ditimbulkan oleh penyelenggaraan GSF ini terus kami tumbuh kembangkan. Pun demikian bilamana penyelenggaraan GSF ini membawa dampak negatif maka segera diatasi bersama. Namun kami bersyukur dari waktu ke waktu pelaksanaan GSF membawa dampak positif. Budaya dan perilaku peduli lingkungan warga sekolah termasuk orangtua siswa semakin meningkat, partisipasi warga sekolah dalam merawat, membangun, dan menjaga lingkungan sekolah agar sehat, bersih, nyaman, hijau dan aman semakin tinggi kesadarannya. ” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

Wanita berhijab yang pernah menduduki jabatan diberbagai lini pada Dinas Pendidikan itupun menambahkan, dengan kepedulian pada lingkungan sekolah yang semakin meningkat maka membawa berbagai dampak positif diantaranya yakni banyaknya sekolah di Kota Malang yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata pada tingkat Kota, Propinsi, Nasional bahkan Adiwiyata Mandiri.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra, Zubaidah, MM, Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, dan General Manager Don Virgo didampingi Kepala SDN Klojen Drs. Samsul Ma’arif, MM menyapa sekaligus berinteraksi secara langsung dengan duta lingkungan SDN Klojen Malang yang terbagi dalam sembilan isue.

Beberapa pertanyaan, saran dan juga masukan disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra, Zubaidah, MM pada duta lingkungan SDN Klojen Malang. Wanita yang pernah menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan juga Kepala Dinas Sosial itupun acapkali tergelak serta tersenyum lebar manakala mendengar jawaban yang diberikan duta lingkungan SDN Klojen dengan ciri khas anak – anak yang lugas, lugu dan ceplas ceplos. (Fandi Harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here