Dinas Pendidikan Kota Malang

Kadisdik Buka FLS2N, O2SN, dan FAM 2019 Kecamatan Klojen

P_20190309_075049

Malang – Bertempat di SDK Mardiwiyata 2 Malang, Sabtu 9 Maret 2019 Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang Pembinaan SD Diah Christiana W, S.Pd, Pengawas SD Wilayah Klojen Dra. Ninit Sunarsih, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Klojen Drs. Samsul Ma’arif, MM beserta jajaran membuka gelaran seleksi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Anak Muslim (FAM) Tahun 2019 tingkat Kecamatan Klojen dengan ditandai pemukulan gong.

P_20190309_073629_1

Dalam laporannya, Ketua pelaksana yang juga merupakan Kepala SDN Penangungan Malang Sumaji, S.Pd menuturkan bahwasannya kegiatan yang diselenggarakan oleh K3S Kecamatan Klojen pada hari inj mengambil tema ” Seni Membentuk Kepekaan Rasa, terhadap Lingkungan Lokal dan Global ” inipun diikuti oleh 858 peserta dari 44 SD baik Negeri maupun SD Swasta se Kecamatan Klojen.

P_20190309_091016_1

” 858 peserta tersebut terbagi dalam tiga bidang utama lomba yakni 258 siswa menjadi peserta pada ajang FLS2N, 258 siswa menjadi peserta pada ajang O2SN dan 342 siswa menjadi peserta pada ajang FAM. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dan bertanggung jawab pada peserta didik di Kecamatan Klojen pada umumnya dan peserta lomba pada khususnya.” tutur Sumaji, S.Pd dalam laporannya.

P_20190309_074230

Sementara itu, dalam sambutannya sesaat sebelum membuka secara resmi Tri Lomba HAN Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh K3S Kecamatan Klojen, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM berharap agar kegiatan ini dapat dijadikan wahana untuk mengevaluasi proses belajar mengajar maupun pembinaan ekskul yang telah dilaksanakan oleh jajaran satuan pendidikan jenjang SD di Kecamatan Klojen.

P_20190309_074229

” Jadikan ajang lomba ini sebagai media memperkokoh penerapan Penguatan Pendidikan Karakter pada seluruh insan pendidikan se Kecamatan Klojen. PPK religius diakomodir melalui kegiatan lomba FAM, PPK Nasionalisme diakomodir melalui lomba tari, lomba menyanyi, lomba jula juli, kriya anyam, pidato bahasa jawa, pidato bahasa indonesia serta lomba lainnya. PPK kemandirian terlihat dari keberanian siswa untuk tampil di hadapan dewan juri tanpa ditemani oleh orangtua maupun gurunya. PPK integritas atau kejujuran harus diperlihatkan jajaran K3S maupun dewan juri untuk memberikan nilai secara objektif pada peserta sesuai dengan bakat serta kemampuan yang dimiliki oleh peserta. PPK gotong royong telah dilakukan dengan dibuktikan terselenggaranya kegiatan pada hari ini. Tanpa adanya gotong royong dan kebersamaan yangvterjalin, maka kegiatan pada hari ini tidak akan terlaksana dengan baik. ” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

P_20190309_073051

Lebih lanjut Dra. Zubaidah, MM menegaskan agar dewan juri yang diberi amanah melakukan penilaian terhadap peserta lomba haruslah objektif. Sesuaikan nilai yang diberikan dengan kemampuan, talenta dan hasil yang dipersembahkan oleh peserta. Pun demikian pula, Dra. Zubaidah, MM menghimbau pada peserta lomba harus bersikap sportif manakala menjadi yang terbaik ataupun belum yang terbaik. Mengakui kelebihan teman dan mengevaluasi kekurangan diri. K3S Klojen dihimbau pula untuk melakukan pembinaan usai pelaksanaan kegiatan pada hari ini demi menyongsong lomba serupa tingkat Kota Malang. Lakukan pembinaan secara kolektif, jauhkan egoisme, pembinaan akan lebih maksimal dan akan efektif dilakukan secara bersama.

P_20190309_084209

” Terdapat 18 mata lomba bidang FLS2N yakni lomba menyanyi tunggal, pantomim, gambar bercerita, cipta dan baca puisi, seni lukis, pidato bahasa indonesia, seni tari, musik solo, kriya anyam, menulis cerpen, cipta pantun, cipta syair, mendongeng, pidato bahasa inggris, membatik, pidato bahasa jawa, jula juli dan lomba geguritan” terang Ketua K3S Klojen Drs. Samsul Ma’arif, MM.

P_20190309_082607_1

Pria yang kini menjabat Kepala SDN Klojrn Malang itupun menambahkan untuk bidang O2SN terdapat enam mata lomba terdiri atas Kids Atletik, senam, renang, bulu tangkis, pencak silat dan karate. Sedangkan untuk bidang lomba FAM terdapat enam bidang lomba yakni Sholat Berjamaah, mengumandangkan adzan, asmaul husna, menulis khot / kaligrafi, puitisasi islami, dan dai cilik.

P_20190309_085332

Usai membuka secara resmi pelaksanaan FLS2N, O2SN dan FAM yang didahului dengan gelaran apel ditutup dengan pemukulan gong, Dra. Zubaidah ,MM didampingi Kepala Seksi Kurikilum dan Peserta Didik Bidang Pembinaan SD, Pengawas Kecamatan Klojen, Ketua K3S Klojen beserta jajarannya meninjau secara langsung pelaksanaan kegiatan yang telah dibagi dalam beberapa ruangan disesuaikan dengan kebutuhan mata lomba.

P_20190309_082409

(fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *