Malang – Bertempat di Aula Serba Guna SMPK Santo Yusup 1 Malang kawasan jalan dr. Sutomo 35, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang Pembinaan SD, Diah Christiana W, S.Pd membuka lomba Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) se – Malang Raya. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 September 2019 ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh KKG dan MGMP Pendidikan Agama Katolik Malang Raya bekerjasama dengan penyelenggara Katolik Kementrian Agama Kabupaten Malang.

Dalam laporannya, Adi Tri Sula, S.Ag Ketua pelaksana Lomba BKSN Tahun 2019 mengatakan bahwasannya kegiatan pada hari initerbagi atas tiga jenjang yakni jenjang untuk Sekolah Dasar (SD), jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan jenjang Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMA / SMK). Untuk masing masing jenjang memiliki cabang lomba yang berbeda, disesuaikan dengan usia anak. Untuk jenjang SD terdapat tiga cabang lomba yakni Mewarnai Gambar, Menyanyikan Mazmur, dan Membaca Kitab Suci . Pada jenjang SMP mata lomba yang dikompetisikan terdiri atas Kuis Kitab Suci dan menyanyikan mazmur. Sedangkan pada jenjang SMA / SMK bidang yang dilombakan diantaranya Membuat renungan digital dan bercerita kitab suci. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan upaya KKG dan MGMP Pendidikan Agama Katolik Malang Raya untuk semakin mendekatkan peserta didik paad kitab suci sebagai tuntunan hidup.

“ Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap setahun sekali. Maka jangan sampai pembinaan dan pengenalan potensi anak dilaksanakan mepet waktunya. Pendidikan tidak hanya sebuah proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi semata dari guru kepada murid. Namun guru juga harus dapat mengenal potensi anak, mengenal masalah anak dan mengenal kebutuhan anak jangan sampai hanya mengenal nama anak saja, itupun nama panggilan bukan nama lengkapnya. Kegiatan Lomba BKSN ini merupakan salah satu media untuk mengenal potensi anak. Menumbuhkembangkan kepercayaan diri anak, meningkatkan keimanan dan pelayanan pada Tuhan.” Terang Drs. I.J. Wartohadi, M.Th penyelenggara Katolik Kementrian Agama Kabupaten Malang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang dalam sambutannya menghaturkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berdaya upaya melaksanakan kegiatan Lomba Bulan Kitab Suci Nasional ini. Dalam prakata sambutannya, Dra. Zubaidah, MM mengatakan bahwasannya semua agama yang ada mengajarkan kebaikan, dan setiap individunya baik secara personal maupun komunal (berkelompok) berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkan maupun menjalankan perintah agama. Salah satunya melalui kegiatan pada hari ini sebagai bentuk peningkatan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan.

“ Dinas Pendidikan Kota Malang senantiasa memberikan dukungan pada setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh KKG, MGMP, K3S, MKKS ataupun unsur lainnya yang terkait pada peningkatan kualitas, potensi dan kompetensi pendidikan. Semoga tujuan maupun harapan diselenggarakannya kegiatan ini dapat terwujud dengan baik. Kami berpesan kepada dewan juri, agar dalam menjalankan tugasnya melakukan penilaian hendaknya menjunjung tinggi sportivitas dan integritas serta objektif dalam memberikan nilai sesuai dengan kemampuan peserta. Sedangkan pada anak – anak peserta lomba, kalian adalah anak – anak hebat, anak anak yang terpilih. Manakala mendapatkan juara, jangan berbesar hati atau sombong. Pun demikian bagi yang belum mendapatkan juara tetap semangat da teruslah belajar dan belajar sehingga pada kesempatan di masa mendatang akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi. “ tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

Lomba Bulan Kitab Suci Nasioanl Tahun 2019 se Malang Raya dengan mengambil tema “ Mewartakan Kabar Baik di Tengah Krisis Lingkungan Hidup “ secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang di dampingi oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang Pembinaan SD, Diah Christiana W, S.Pd bersama dengan Drs. I.J. Wartohadi, M.Th penyelenggara Katolik Kementrian Agama Kabupaten Malang secara simbolis secara bersama – sama memencet tombol sirine sebagai pertanda dimulainya lomba BKSN 2019. (fandi harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here