Dinas Pendidikan Kota Malang

Kadisdik Narasumber Semnas Kurikulum dan Pembelajaran PAUD pada Era Revolusi Industri 4.0

FB_IMG_1556006929196

Malang – Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM kembali menjadi narasumber pada gelaran seminar nasional. Kali ini wanita berhijab yang pernah mengepalai Dinas Sosial dan juga Perpustakaan Kota Malang itupun didaulat untuk memberikan pengalaman serta kebijakan yang diterapkan dalam mengelola pendidikan di Kota Malang khususnya satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

P_20190420_093130

Seminar Nasional yang digelar pada Sabtu, 20 April 2019 di Aula Gedung A3 Universitas Negeri Malang dengan tajuk ” Kurikulum dan Pembelajaran PAUD pada Era Revolusi Industri 4.0 inipun selain menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM turut pula menghadirkan Direktur Jendral Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen PAUD Kemdikbud) Dr. Muhammad Hasbi sebagai keynote speaker, serta Dr. Moh. Muzaki, M.Si., dari BP PAUDNI Jatim, serta dua dosen pascasarjana yakni Prof. Dr. H. Sa’dun Akbar, M.Pd dan Assoc. Prof. Dr.H.Imron Arifin, M.Pd ketua koordinator Prodi S-2 PAUD Universitas Negeri Malang.

” Pendidikan Anak Usia Dini merupakan landasan pembentukan anak, sehingga haruslah ditangani dengan tepat melalui metode pembelajaran yang baik dan kurikulum yang terstruktur. Hal itu tentunya harus pula di dukung oleh ketersediaan SDM guru yang mumpuni yang memahami, menguasai serta memiliki Kompetensi Guru yang meliputi Kompetensi Pendagogi, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Sosial ” urai Dra. Zubaidah, MM dalam awal paparannya pada peserta Seminar Nasional.

Lebih lanjut Dra. Zubaidah, MM memaparkan profil pendidikan Kota Malang, Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini, Perkembangan kemampuan Kepemimpinan, Perkembangan kemampuan Belajar, Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Konsep Kurikilum 2013, Elemen Perubahan Kurikulum 2013, Kerangka Kerja Pengembangan Kurikulum 2013, Faktor Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013, dan Ruang lingkup Implementasi Kurikulum 2013.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen PAUD Kemdikbud) Dr. Muhammad Hasbi menekankan pada peserta seminar nasional urgensi Pendidikan Anak Usia Dini di era revolusi industri 4.0 ini memegang peran yang sangat penting sebagai tonggak pengembangan SDM Indonesia dalam rangka mewujudkan generasi emas 2045 mendatang.

P_20190420_093043

” Penguatan Pendidikan Karakter haruslah dilaksanakan secara berkesinambungan, terprogram dan terstruktur. Kemajuan pesat Teknologi Informasi dan Komunikasi janganlah menjadi sebuah faktor yang membuat generasi penerus bangsa ini melupakan budaya luhur serta kearifan lokal yang ada di masing masing wilayah Nusantara. Kemajuan Teknologi marilah dimanfaatkan sebesar besarnya bagi peningkatan kualitas pendidikan agar generasi kita siap menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 dan menjadi tuan di negerinya sendiri. ” terang Dirjen PAUD Kemdikbud Dr. Muhammad Hasbi.

P_20190420_105701

Pengembangan karakter dengan metode pembelajaran calistung tidak harus kemudian menjadi sebuah jebakan bagi anak untuk berpikir monoton. Karakter kritis, inovatif dan komunikatif yang disesuaikan dengan usia anak perlu terus dikembangkan agar tercipta pemikiran serta pribadi yang dinamis pada diri anak sejak dini tutup Dirjen PAUD Kemdikbud Dr. Muhammad Hasbi dalam akhir.paparannya pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Mahasiswa S2 PAUD Pascasarjana Universitas Negeri Malang yang bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Anak Saleh. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *