Dinas Pendidikan Kota Malang

Kadisdik Zubaidah Buka Simposium HUT PGRI ke 73

P_20181113_075904

Malang – Selasa 13 November 2018 Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM membuka gelaran Simposium dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) ke 73 tahun yang dilaksanakan di Aula SMA Negeri 3 Malang kawasan jalan Tugu Malang.

P_20181113_080122

Kegiatan yang diikuti oleh 210 peserta perwakilan dari masing – masing kecamatan se Kota Malang dan 28 pemakalah jenjang TK, SD, SMP maupun SMA / SMK inipun menghadirkan Dr. Umi Dayati, M.Pd kepala Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang sekaligus motivator selaku keynote speaker.

P_20181113_080452

Dalam laporannya ketua pelaksana kegiatan simposium bertajuk Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 Henny Suhariyono, M.Pd mengatakan bahwasannya kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pengurus Daerah PGRI Kota Malang setiao tahun dalam rangka mendeseminasikan karya – karya terbaik penulis Kota Malang agar dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah serta memberi wadah bagi para penulis Kota Malang dalam kegiatan publikasi ilmiah melalui presentasi ilmiah sesuai jenjang.

P_20181113_080904

Sementara itu Ketua PGRI Kota Malang sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menilai tema yang diangkat oleh panitia penyelenggara simposiumvsesuai dengan visi misi Walikota Malang Drs. H. Sutiaji dimana Pemerintah Kota Malang berupaya bersama segenap potensi yang ada untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa yang saat ini duduk di bangku sekolah baik jenjang TK, SD, SMP maupun SMA/ SMK bermartabat dan berkarakter berdasarkan nilai – nilai kearifan lokal (local wisdom). Salah satu bentuk nyata visi misi tersebut yakni dikuranginya porsi calistung pada siswa SD kelas 1 dan 2 untuk dimaksimalkan pada penguatan pendidikan karakter seperti disiplin waktu, disiplin menjalankan aturan dan peraturan seperti misalnya antri dengan tertib, berbuat dan berperilaku jujur demi terwujudnya generasi bermartabat.

P_20181113_080859

” Selain peningkatan kualitas dalam bentuk program kerja serta program pendidikan yang terstruktur dan berkesinambungan dalam bentuk proses belajar mengajar berbasis Kurikulum 2013 (K-13) dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Dinas Pendidikan Kota Malang senantiasa berusaha memenuhi sarana prasarana yang dibutuhkan sesuai dengan anggaran dan prioritas. Seperti pengadaan Ruang Kelas Baru (RKB), rehab / pemeliharaan gedung sekolah, pengadaan mebelair sekolah, pengadaan komputer sebagai upaya persiapan jelang UNBK jenjang SMP dan USBK jenjang SD serta pengadaan sarana prasarana lainnya.” ujar Zubaidah dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Dra. Zubaidah, MM menambahkan Peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai tidak akan maksimal berdaya guna manakala tidak diiringi dengan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Untuk itu, Dinas Pendidikan bekerjasama dengan berbagai pihak diantaranya kalangan akademisi, kalangan profesi, LP2KS Solo, P4TK IPS/PKn, P4TK BOE, LPMP Jaww Timur, Badan Kepegawaian Kota Malang dan pihak berkompeten lainnya terus berupaya meningkatkan kompetensi guru di lingkungan Dinas Pendidikan. Upaya peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan diantaranya workshop, seminar, bimtek, pelatihan, uji kompetensi, dan kegiatan inovatif lainnya yang berkenaan untuk meningkatkan potensi serta kualitas pendidikan Kota Malang demi terwujudnya generasi yang berkarakter dan bermartabat di era revolusi industri 4.0.

P_20181113_084846

Diawal pembuka sebelum memaparkan materinya, Dr. Umi Dayati mengingatkan bahaya akan kemajuan Teknologi dan Informasi (TIK) yang jika tidak di sikapi dengan bijaksana akan membawa dampak negatif. Saat ini lazim terlihat duduk bersebelahan tapi tidak menjalin komunikasi atau saling berbicara satu sama lain, dikarenakan sibuk dengan telepon genggam mereka masing – masing. Dan ini sebuah fenomena yang sangat mengkhawatirkan apalagi jika generasi muda kita terjangkit kecanduan gadget dimana tingkat sosialisasi mereka akan rendah, tergantikan egoisme yang tinggi.

P_20181113_084727

” Mari kita bersama berjanji menjadi guru yang ceria, cerdas, cemerlang, bermartabat yang layak diteladani oleh anak didik. Marilah kita terus belajar untuk meningkatkan potensi diri dan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara arif dan bijaksana sehingga kita tidak menjadi korban namun menjadi insan yang berkualitas secara intelektual, emosional dan religius. ” ucap Dr. Umi Dayati dihadapan ratusan peserta simposium.

P_20181113_084429

Usai menyimak materi yang dipaparkan oleh Umi Dayati, selanjutnya ratusan peserta simposium dibagi dalam beberapa kelompok untuk mengikuti pemaparan makalah yang merupakan karya tulis ilmiah dari 28 pendidik jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK se Kota Malang. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *