Dinas Pendidikan Kota Malang

Kembangkan Potensi Siswanya, SDN Polowijen 1 Malang Adakan Pelatihan Menulis Cerita

P_20190310_083933

Malang – Menyadari besarnya potensi anak didiknya dalam merangkai kata menjadi sebuah cerita yang menarik dengan berbagai tema dunia anak sesuai dengan imajinasi maupun peristiwa yang mereka alami, melecut jajaran satuan pendidikan SDN Polowijen 1 Malang untuk lebih mempertajam serta mengembangkan potensi anak dalam menulis cerita.

Salah satu upaya nyata jajaran SDN Polowijen 1 Malang yang kini dikepalai oleh Ana Nuzmiah, S.Pd dalam mengembangkan potensi siswanya dalam menulis cerita yakni dengan menggelar ” Pelatihan dan Pembinaan Keterampilan Menulis Cerita” pada Minggu, 10 Maret 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu ruang kelas satuan pendidikan jenjang SD kawasan Jalan Ahmad Yani Utara No. 22┬áinipun dipandu secara langsung oleh Kak Nia Kiena, salah satu penggiat literasi serta penulis di Kota Malang.

FB_IMG_1552307997328_1

” Kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Keterampilan Menulis Cerita ini diikuti oleh 50 peserta didik SDN Polowijen 1 Malang dari kelas tiga hingga kelas enam. ” tutut Ketua Pelaksana Kegiatan Sulton Abadi, S.Pd., yang juga merupakan Guru Kelas enam SDN Polowijen 1 Malang.

Sementara itu, Kepala SDN Polowijen 1 Malang Ana Nuzmiah, S.Pd mengatakan bahwasannya kegiatan ini merupakan starting point atau awal mula yang nantinya akan ditindak lanjuti dengan pendampingan, pelatihan, pembelajaran serta praktek secara langsung bagaimana menulis yang baik dan benar, bagaimana memilih topik atau tema yang menarik untuk dibaca, bagaimana menyusun kata demi lata menjadi sebuah kalimat yang mengundang animo bagi siapa saja yang membaca untuk terus membaca hingga akhir cerita, dan berbagai tahapan lainnya yang pada akhirnya mampu membuat anak didik menyajikan sebuah cerita yang menyenangkan.

IMG-20180506-WA0015-768x1024_1

” Kami haturkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan orangtua siswa yang buah hatinya mengikuti kegiatan ini. Meskipun dilaksanakan pada Hari Minggu yang notabene merupakan hari libir, namun dengan penuh antusias mengantarkan dan bahkan menunggui buah hatinya selama kegiatan berlangsung. Semoga sinergitas yang harmonis antara.pihak sekolah dengan pihak orangtua siswa terus dapat terjalin dengan baik, yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya dan mampu mewadahi bakat, minat serta potensi siswa untuk menjelma menjadi sebuah prestasi” ujar Ana Nuzmiah, S.Pd Kepala SDN Polowijen 1 Malang.

P_20190310_083948

Peserta Pelatihan dan Pembinaan Keterampilan Menulis Cerita inipun diarahkan oleh Kak Nia Kiena memulai cerita dengan ide yang ringan seperti kegiatan sehari – hari, pengalaman pribadi baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Hal yang terpenting dalam mengawali menulis cerita yakni niat yang kuat, tidak gampang putus asa manakala kurang tepat menemukan kata yang pas dan menarik. Yang terpenting terus berusaha menulis. Apapun temanya dan alurnya. Jika terbiasa menulis, maka lambat laun ide akan datang dengan sendirinya manakala melihat, mendengar ataupun mengalami suatu hal. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *