Malang – Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Malang memberikan pelatihan digitalisasi pendidikan kepada pendidik jenjang SMP Negeri maupun pendidik jenjang SMP Swasta. Kegiatan bertajuk Seminar dan workshop Edutech initiative  Digitalisasi Sektor pendidikan dalam menyambut era revolusi industri 4.0 yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Juli 2019 di aula Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan jalan Veteran No. 19 Malang.

” Terima kasih atas jalinan kerjasama yang diulurkan oleh Kemkominfo pada keluarga besar Dinas Pendidikan Kota Malang melalui kegiatan seminar dan  workshop pada hari ini yang sangat positif dan sesuai dengan visi, misi Pemerintah Kota Malang serta Dinas Pendidikan Kota Malang. Dalam kesempatan inipula perkenankan kami mewakili Kepala Dinas Pendidikan Dra. Zubaidah, MM memohon maaf  tidak dapat hadir secara langsung dikarenakan wajib mengikuti kegiatan yang tidak dapat diwakilkan ” tutur Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto dalam prakata sambutannya.

Lebih lanjut Drs. Totok Kasianto memberikan gambaran singkat program kerja yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang terkait pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi diantaranya pelaksanaan UNBK jenjang SMP dan USBK jenjang SD yang telah dilaksanakan keseluruhan. Hal itu tidak terlepas dari dukungan serta kerjasama berbagai pihak mulai dari legislatif, eksekutif serta masyarakat. Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020 Dinas Pendidikan Kota Malang 100 persen menggunakan aplikasi dalam PPDB jenjang SMP jalur Zonasi.

” Berbagai aplikasi baik dari pusat, daerah maupun aplikasi inovasi Dinas Pendidikan Kota Malang dimaksimalkan penggunaannya. Insan pendidikan Kota Malang senantiasa mengupdate informasi melalui aplikasi yang ada seperti DAPODIK, SIMAS, SIPRETI, SIMBADA dan aplikasi lainnya sesuai kebutuhan. Perkembangan TIK selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif manakala kita tidak bijak dalam mempergunakan sarana prasarana maupun jaringan TIK dengan baik. Untuk itu dalam rangka menekan penyalahgunaan TIK oleh pelajar, Dinas Pendidikan Kota Malang bekerjasama dengan BNN, Kepolisian, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan rutin melaksanakan Operasi Sayang.” tambah Drs. Totok Kasianto.

Usai Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang memberikan sambutan sekaligus sekilas pandang mengenai program kerja serta inovasi Dinas Pendidikan, Seminar dan workshop Edutech initiative Digitalisasi Sektor pendidikan dalam menyambut era revolusi industri 4.0 dilanjutkan dengan  sambutan sekaligus paparan Digitalisasi Sektor Pendidikan yang disampaikan oleh Plt. Direktur Ekonomi  Digital Direktorat Ekonomi Digital Kementrian Komunikasi dan Informasi Drs. Milikta Jaya Sembiring.

Kegiatan inipun menghadirkan beberapa narasumber lainnya dengan beragam materi yang disampaikan pada peserta diantaranya Peranan pembelajaran informatika dalam menciptakan generasi siap saing menghadapi revolusi industri 4.0. yang disampaikan oleh Indra Charismiadji pakar dan praktisi pendidikan dari Center of Education Regulations & Development Analisis (CERDAS).

Narasumber ketiga yakni Ogy Winenriandhika Visio Incubator menyampaikan sosialisasi berkaitan dengan Edutech 4.0 praktik pendidikan di era 4.0 dilanjutkan dengan Sosialisasi dan publikasi sekolah oleh Hendry Cahya Setiawan dari Sekolahan dot id. Dan nantinya akan ditutup dengan presentasi hasil kreasi peserta pelatihan iSpring  oleh para peserta. (fandi harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here