Malang – Usai melaksanakan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran (WP3) tahap satu pada 24 Juni 2019 hingga 25 Juni 2019, Kelompok Kerja Guru (KKG) bersama dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Gugus 3 Blimbing menggelar tahap 2 kegiatan serupa di SDN Bunulrejo 1 Malang kawasan jalan Hamid Rusdi Timur 455-A pada Senin, 15 Juli 2019 hingga Rabu 18 Juli 2019.

Kegiatan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Gugus 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang Tahun Pelajaran 2019 – 2020 inipun dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM yang didaulat Kelompok Kerja Kepala Sekolah Gugus 3 Blimbing sebagai salah satu pemateri. Nampak Sochmad Tarmudji, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Bunulrejo 1, Elly Nurul Ilmi, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Bunulrejo 2, Slamet Darmaji, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Bunulrejo 3, Heru Susanto, S.Pd Kepala SDN Bunulrejo 4, Sri Susanti, S.Pd Kepala SDN Bunulrejo 5 dan Lilik Parawati, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Bunulrejo 6 Malang turut menyimak paparan yang disampaikan oleh Dra. Zubaidah, MM.

” Kegiatan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan tahap 1 yang telah dilaksanakan pada Senin 24 Juni 2019 sampai dengan Selasa 25 Juni 2019 lalu. Pada kegiatan tahap dua ini diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri atas kepala sekolah, guru kelas, guru PJOK, guru pendidikan agama serta guru ekstrakurikuler se Gugus 3 Blimbing. Peserta akan mendapatkan materi sesuai dengan maksud dan tujuan daripada dilaksanakannya workshop ini diantaranya kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM, Pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Zaenullah, S.H., M.K.Pd, Drs. Heru Agus Tri A, M.Pd dan Drs. Dimyati, S.Pd, M.Pd. ” jelas Dewi Nuridah Zaenun, S.Pd selaku ketua pelaksana kegiatan sekaligus Ketua KKG Gugus 3 Blimbing.

Sementara itu Ketua K3S Gugus 3 Blimbing Sochmad Tarmudji, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwasannya kegiatan yang dilaksanakan saat ini merupakan program rutin dalam rangka
Menyusun perangkat pembelajaran Tahun Pelajaran 2019/2020 sebagai upaya menyiapkan pembelajaran di Sekolah, Meningkatkan kinerja guru se-Gugus 3 Kec. Blimbing dalam pembelajaran dan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan tahun 2019/2020 di Gugus 3 Kec. Blimbing.

Beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber dalam workshop ini diantaranya Kebijakan Pemerintah, Pembinaan Gugus 3 Kec. Blimbing, Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa, Analisis Perangkat Pembelajaran, Relevansi Buku Teks Kurikulum 2013 dengan materi dalam RPP, Implementasi model-model pembelajaran dalam proses belajar mengajar, penyusunan Perangkat pembelajaran sesuai dengan kelas yang diampu oleh guru terdiri atas Kalender Akademik, Analisa Hari Efektif, Promes, Prota, Silabus, RPP berbasis PPK, RPP Bahasa Jawa TTKMTT, KKM.

(fandi harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here