Dinas Pendidikan Kota Malang

Konsistensi SDIA BentuK Generasi BCSI Diapresiasi Wawali dan Kadisdik

Screenshot_20181215-195243_1

Malang – Konsistensi jajaran SD Insan Amanah yang kini dikepalai oleh Suhardini Nurhayati, M.Pd dalam membentuk Generasi Berkarakter, Cerdas Spritual dan Cerdas Intelektualnya (BCSI) yang dilaksanakan secara terstruktur serta berkesinambungan melalui berbagai program kreatif dan inovatifnya mendapatkan aoresiasi positif dari segenap pihak. Salah satu program rutin satuan pendidikan jenjang SD yang berada di kawasan Perumahan Griyashanta Blok M jalan Soekarno Hatta yakni Khataman dan Imtihan Metode Ummi yang digelar setiap setahun sekali.

IMG-20181215-WA0051

” Kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, Bapak Wakil Walikota Malang Ir. Sofyan Edy Jarwoko dan Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang yang telah hadir pada kegiatan Khataman dan Imtihan kali kelima kami gelar. Kehadiran Bapak Wawali serta Ibu Kadisdik merupakan sebuah kehormatan bagi kami dan menjadi bekal penyemangat kami untuk lebih baik di masa mendatang.” tutur Kepala SD Insan Amanah Suhardini Nurhayati, M.Pd.

IMG-20181215-WA0052

Sementara itu, Wakil Walikota Malang Ir. Sofyan Edy Jarwoko memberikan dukungan sekaligus motivasi pada keluarga besar SD Insan Amanah agar kegiatan semacam ini membudaya dan rutin dilaksanakan. Dengan memberikan bekal ilmu agama yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan yang ada, maka sisi spiritual anak akan terbangun. Manakala sisi spiritual anak terbangun, secara otomatis karakter positif yang ada pada ajaran agama untuk menjalankan perintah Tuhan Yang Maha Esa dan menjauhi segala larangan yang ada, menjadi sebuah pembiasaan dalam berperilaku dan bersikap dalam kehidupan sehari hari. Maka dengan demikian generasi berkarakter, bermartabat, cerdas secara intelektual dan cerdas secara spritual terbangun dengan baik.

IMG-20181216-WA0045

” Sungguh luar biasa siswa – siswi SD Insan Amanah. Saya sampai merinding, bangga, bahagia sekaligus haru. Anak seusia SD sudah hafal 10 JuZ. Semoga apa yang saat ini ditanamkan oleh pendidik SD Insan Amanah dirawat, dipelihara dan dijaga dengan baik hingga tumbuh berkembang sampai kelak menjadi ahli Al Qur’an sekaligus menguasai Sains. Jangan sampai terhenti, saat lulus dari SD Insan Amanah tidak ada keberlanjutan. ” harap Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. H. Abd. Haris dalam sambutannya.

P_20181215_104657

Khataman dan Imtihan metode Ummi yang diselenggarakan pada Sabtu, 15 Desember 2018 bertempat di Aula Rektorat UIN Maulana Malik Ibrahim oleh jajaran SD Insan Amanah inipun di ikuti oleh 183 siswa dan dihadiri pula oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementrian Kota Malang Wilayah Kecamatan Lowokwaru Nurduhati. M.PdI, Kepala SDN Tunggulwulung 1 Malang Misgiarti, M.Pd, Kepala SDN Tulusrejo 1 Malang Dwi Utami, S.Pd.SD serta para orangtua peserta Khataman dan Imtihan ke – V SD Insan Amanah.

P_20181215_105110

Pada pelaksanaan Khataman dan Imtihan metode Ummi ke – V SD Insan Amanah, peserta menjalani beberapa prosesi untuk dapat dinyatakan lulus serta berhak memperoleh sertifikat dari Ummi Foundation serta SD Insan Amanah. Beberapa ujian terbuka yang melibatkan orang tua, undangan serta para pengajar BTA Metode Ummi yang diberikan pada peserta Khataman dan Imtihan diantaranya Uji Publik Turjuman (mengartikan bacaan sholat dan intisarinya), Uji Publik Tartil Metode Ummi, dan Uji Publik Tahfidz Al Qur’an Juz 30.

P_20181215_122126

Sebagai bentuk apresiasi atas upaya serta usaha keras peserta didik SD Insan Amanah yang telah menunaikan pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Metode Ummi yang ditandai dengan gelaran Khataman dan Imtihan ke – V, pihak SD Isan Amanah memberikan penghargaan berupa sertifikat dan juga trophi bagi 10 besar peserta khataman dan Imtihan yang memperoleh nilai terbaik dalam kategori Munaqosyah tartil, kategori Munaqosyah tahfidz, dan kategori munaqosyah turjuman.

P_20181215_121203

(fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *