Dinas Pendidikan Kota Malang

Kuatkan Peran Serta Komite Sekolah Disdik Gelar Sosialisasi Peraturan

P_20190424_083602

Malang – Dalam rangka menguatkan peranserta Komite Sekolah untuk peningkatan kualitas pendidikan melalui sinergitas yang harmonis antara Pemerintah, Sekolah dan Masyarakat Dinas Pendidikan Kota Malang menggelar sosialisasi peraturan perundang undangan terkait dengan tugas pokok, fungsi dan peranan komite sekolah.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2019 di Hall Mahoni Hotel Savana inipun diikuti oleh seluruh ketua komite satuan pendidikan jenjang SD Negeri se Kota Malang sejumlah 195 orang.

P_20190424_083631

Dalam laporannya ketua pelaksana kegiatan yang juga merupakan kepala Sub Bagian Perencanaan Dinas Pendidikan Kota Malang Heny Rachmaniar SP., MM mengatakan bahwasannya kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mewujudkan Komite Sekolah yang memiliki wawasan dan pemahaman yang sama sesuai dengan tugas dan fungsinya seperti dalam amanat Permendikbud No. 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Malang.

” Terima Kasih atas kehadiran serta kesediaan bapak ibu ketua Komite SD Negeri se Kota Malang yang telah meluangkan waktunya untuk memenuhi undangan Dinas Pendidikan Kota Malang mengikuti kegiatan Sosialisasi peraturan perundang undangan terkait partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Melalui kegiatan ini, kami berharap Komite Sekolah semakin berperan sebagaimana mestinya, dalam memberikan usulan, pertimbangan, arahan serta pengawasan yang lebih optimal pada penyelenggaraan pendidikan di masing – masing SD Negeri. ” tutur Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto dalam sambutannya.

P_20190424_084151

Selanjutnya, Drs. Totok Kasianto menambahkan kegiatan inipun diharapkan mampu mrnjalin tali silaturahmi antar ketua Komite Sekolah, memperkuat jalinan komunikasi dengan Dinas Pendidikan Kota Malang serta pada akhirnya mampu membentuk satu kesamaan persepsi terhadap bentuk bentuk partisipasi masyarakat yang sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga kualitas pendidikan di Kota Malang dari waktu ke waktu semakin meningkat.

P_20190424_110622

Sosialisasi peraturan perundang undangan dan penguatan peranserta komite sekolah yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang inipun menghadirkan narasumber dari berbagai pihak diantaranya Kejaksaan Negeri Malang dalam hal ini diwakili oleh Kasubid Ekonomi dan Keuangan Dimas Adi Wibowo SH., MH, Kepolisian Resort Kota Malang diwakili oleh AKP Tjatur Prambudi, SH selaku Kasubbag Hukum , dan Inspektorat Kota Malang oleh Irban III Budi Utomo serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

P_20190424_092934

” Perlu bapak ibu ketua komite SD Negeri ketahui bahwasannya penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tahun pelajaran 2019/2020 ini, Pemerintah Kota Malang dalam hal ini Dinas Pendidikan akan memberlakukan sepenuhnya amanat Permendikbud No. 51 Tahun 2018 tentang PPDB. Berbeda dengan tahun lalu, PPDB pada tahun ini menggunakan tiga jalur yakni jalur Zonasi sebesar 90 persen kuota yang ada, jalur prestasi sebesar 5 persen dari pagu yang tersedia dan jalur mutasi atau perpindahan tugas orangtua sebesar 5 persen. ” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM yang langsung ditanggapi riuh rendah peserta sosialisasi.

P_20190424_092218

Lebih lanjut Zubaidah menerangkan bahwasannya PPDB Zonasi tidak menggunakan nilai sebagai faktor.utama penerimaan namun lebih pada kedekatan jarak antara rumah siswa dengan sekolah. Berapa pun nilai yang diperoleh siswa, manakala dia berjarak dekat dengan sekolah, maka wajib hukumnya untuk diterima. Siswa yang memiliki prestasi tetap diakomodasi dan diapresiasi oleh Dinas Pendidikan melalui jalur prestasi dengan skoring melihat jenjang prestasi yang diperoleh siswa. Prestasi internasional yang diperoleh siswa tentunya akan berbeda skoringnya dengan prestasi tingkat kota.

” Sinergitas antara pemerintah, satuan pendidikan dan masyarakat dalam hal ini orangtua siswa sangat mutlak diperlukan agar kualitas pendidikan terwujud dengan baik dan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Perlu bapak ibu ketua komite ketahui, bahwasannya peran kejaksaan salah satunya yakni melakukan upaya pencegahan tindak pidana korupsi termasuk diranah pendidikan. Untuk itu kami senantiasa berharap dan menghimbau kepada stakeholder pendidikan tidak terkecuali komite sekolah untuk mengenali hukum dan menjauhkan diri dari hukuman karena melanggar kaidah – kaidah hukun yang berlaku. ” tutur Kasubid Ekonomi dan Keuangan Kejaksaan Negeri Kota Malang Dimas Adi Wibowo SH., MH dalam paparannya.

P_20190424_090558

Lebih lanjut Kasubid Ekonomi dan Keuangan Kejaksaan Negeri Kota Malang Dimas Adi Wibowo SH., MH menambahkan setiap hal itu ada hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintah, sekolah dan masyarakat atau orangtua. Jangan sampai masing masing pihak hanya menuntut memperoleh haknya atau menuntut hanya menjalankan kewajiban semata. Maka perlu kiranya komunikasi, sosialisasi dan transparansi dalam mengelola keuangan sekolah. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi seperti yang diselenggarakan pada hari ini oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *