Dinas Pendidikan Kota Malang

Kunjungan Adiwiyata Dalam rangka Peningkatan Kapasitas SDM dari kabupaten Poliwali Mandar, Sulawesi Barat ke SMP Negeri 15 Malang

IMG-20190228-WA0683

Malang – Bertempat di Aula SMP Negeri 15 Kota Malang kawasan Jalan Bukit Dieng T/8 Malang, Kamis, 28 Februari 2019, SMP Negeri 15 Malang menerima kunjungan Adiwiyata dari beragam unsur di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat antara lain; Asisten Bidang Pembangunan dan Pemukiman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pendidikan, Pemerintah kabupaten Polewali Mandar (Bagian Keuangan), Camat dan Lurah, serta beberapa kepala sekolah yang telah mendapatkan predikat Adiwiyata Provinsi, Nasional dan Mandiri. Tamu yang hadir pada kegiatan hari ini berjumlah 55 orang. Kunjungan Adiwiyata pada kesempatan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM yang peduli dan berbudaya lingkungan, serta mengembangkan program Adiwiyata masing-masing instansi di kabupaten Polewali Mandar.

IMG-20190228-WA0691

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM, perwakilan dari puskesmas Mulyorejo (Nanik Rubiati, SE), perwakilan komite SMP Negeri 15 Malang (Sugeng Wahyudi).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM menyampaikan bahwasanya di Kota Malang telah banyak sekolah yang mendapatkan predikat Adiwiyata Mandiri, salah satunya adalah SMP Negeri 15 Malang yang mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri pada tahun 2017. Berbagai program kerja serta inovasi terus dijalankan dan dikembangkan dalam rangka menumbuhkembangkan karakter warga sekolah yang berbudaya lingkungan

” Salah inovasi serta upaya nyata dalam penumbuhkembangan karakter berbudaya lingkungan yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan yakni Green School Festival yang telah dipatenkan sebagai program unggulan Dinas Pendidikan dalam rangka menguatkan program kepedulian terhadap lingkungan. Program ini dilaksanakan rutin setiap tahun yang bekerjasama dengan Harian Jawa Pos Radar Malang. Terdapat sembilan isu yang menjadi pedoman penilaian dalam lomba Green School Festival ini. Dan dari kegiatan ini, potensi, kreasi serta inovasi warga sekolah yang berwawasan lingkungan tereksplorasi dengan baik.

IMG-20190228-WA0693

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 15 Malang, Agus Wahyudi, S.Pd. M,Pd menyampaikan bahwa Adiwiyata bukan lomba, melainkan upaya pendidikan karakter peduli dan cinta lingkungan. Upaya pendidikan karakter di SMP Negeri 15 Malang dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler, serta program budaya dan pembiasaan. Kegiatan ekstrakurikuler unggulan adwiyata SMPN 15 Malang yakni pembuatan Topeng Malangan dan pembuatan kompos.

IMG-20190228-WA0688

Kunjungan ini diawali dengan penyambutan oleh duta lingkungan SMP Negeri 15 Malang bersama siswa yang memakai busana daur ulang hasil karya siswa, dilanjutkan dengan persembahan Tari Gedruk dari ekstrakurikuler Pramuka. Acara berikutnya adalah penyambutan di Aula SMP Negeri 15 Malang yang dilengkapi dengan persembahan tari Topeng. Selanjutnya, rombongan tamu mengunjungi masing-masing pos yang telah disiapkan dipandu oleh duta lingkungan. Pos-pos tersebut antara lain; UKS, KOMPOS, Kantin, Green House, dan Showroom Adiwiyata. Selama kunjungan tersebut, duta lingkungan, menyampaikan inovasi terkait lingkungan terutama daur ulang kertas menjadi topeng (TOMAS) dan pembuatan KOMPOS organik (KOMANIK). Di akhir kunjungan, rombongan tamu dipersilahkan untuk melihat pameran kerajinan topeng, KOMPOS, dan hasil karya siswa yang lain. Pengunjung juga membeli beberapa karya siswa sebagai oleh-oleh.

IMG-20190228-WA0682

Di akhir kunjungan, perwakilan dari rombongan tamu menyampaikan harapan bahwa hasil kegiatan kunjungan belajar ke SMPN 15 Malang akan dibawa sebagai bahan pengembangan aksi lingkungan di kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

IMG-20190228-WA0681

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari SMP Negeri 15 Malang kepada perwakilan rombongan tamu kabupaten Polewali Mandar begitu pula sebaliknya. Harapan dari kedua belah pihak, kunjungan dan kerjasama ini akan berlanjut dan terjalin tali silaturahmi dalam rangka menciptakan sinergi yang positif diantara SMP Negeri 15 Malang dan kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi barat. (Agus Wahyudi, S.Pd. M,Pd / fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *