P_20190425_091553

Malang – Mantapkan pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di satuan Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan Kota Malang menggelar Workshop PPK di Aula SMA Negeri 4 Malang kawasan jalan Tugu No. 1 pada 25 April 2019. Kegiatan yang mengundang 320 orang kepala sekolah terdiri atas 195 orang Kepala SD Negeri dan 125 orang Kepala SD Swasta se – Kota Malang inipun dibuka secara langsung oleh Dra. Zubaidah, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang didampingi Dra. Atimah, M.Pd selaku Kepala Bidang Pembinaan SD.

P_20190425_093027_1
“ Dalam peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Penguatan Pendidikan Karakter memiliki tujuan yakni untuk Membangun dan membekali Peserta Didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan. Mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan bagi Peserta Didik dengan dukungan pelibatan publik yang dilakukan melalui pendidikan jalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia. Merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, Peserta Didik, masyarakat, dan lingkungan keluarga dalam mengimplementasikan PPK.” Terang Dra. Zubaidah, MM pada peserta workshop PPK.

P_20190425_091457
Lebih lanjut, mantan kepala Dinas Sosial dan Kepala Perpustakaan Kota Malang itupun menuturkan agar kepala sekolah terus berupaya secara berkesinambungan melalui program nyata agar tujuan PPK dapat diwujudkan dengan baik dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045 mendatang. Kegiatan workshop PPK inipun digunakan Dra. Zubaidah, MM untuk merefresh khasanah pengetahuan 320 Kepala SD berkenaan dengan PPK.
“ Dinas Pendidikan Kota Malang akan mengusung kepala sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh pengawas mendapatkan skoring kurang ideal untuk melakukan study tiru ke sekolah yang memperoleh skor maksimal. Dengan study tiru itu diharapkan sekolah yang kurang ideal dapat meniru dan mengadaptasi program – program sekolah yang sukses menjalankan praktik baik PPK untuk dijalankan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.” Pungkas Dra. Zubaidah, MM.

P_20190425_105240
Workshop Penguatan Pendidikan Karakter yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang melalui Bidang Pembinaan SD inipun menghadirkan narasumber diantaranya Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd Guru Besar Universitas Negeri Malang yang juga merupakan salah satu fasilitator PPK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan narasumber kedua adalah Prof. Dr. Mohammad Amin, S.Pd., M.Si sekaligus Ketua Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM).
“ Workshop ini nantinya akan terus berkesinambungan, tidak hanya berhenti sampai disini. Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd Guru Besar Universitas Negeri Malang fasilitator PPK Kemdikbud dan Prof. Dr. Mohammad Amin, S.Pd., M.Si beserta jajarannya di Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM) akan bersinergi melakukan penyusunan instrument penilaian, serta evaluasi pelaksanaan program PPK di satuan pendidikan jenjang SD “ terang Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd (fandi harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here