Dinas Pendidikan Kota Malang

Mendikbud : Pendidikan Haruslah Menyeluruh dan Berkesinambungan

IMG-20190530-WA0018

Malang – Dihadapan ratusan kepala sekolah jenjang SD dan SMP baik negeri maupun swasta, Senin 20 Mei 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy M.AP kembali menegaskan bahwasannya dalam pembentukan generasi emas 2045 mendatang haruslah dimulai dari sekarang dengan melaksanakan pendidikan secara menyeluruh dan berkesinambungan termasuk pelibatan partisipatif aktif pemerintah pusat, pemerintah daerah, sekolah, dan utamanya masyarakat baik itu masyarakat dunia usaha, dunia industri maupun masyarakat pada umumnya agar terselenggara pendidikan yang berkualitas dan berkarakter.

IMG-20190530-WA0020

Kegiatan sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter inipun dihadiri pula oleh Walikota Malang Drs. H. Sutiaji, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM, Sekretaris Dinas Drs. Totok Kasianto, Direktur LPI Sabilillah Malang Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd beserta jajaran kepala bidang dan kepala seksi di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang.

” Sudah saatnya proses belajar mengajar kita beralih tidak hanya menitik beratkan pada Logika Semata yang hanya didasarkan pada nilai akademik siswa, namun juga harus memberikan pembelajaran dan mengimplementasikan secara nyata melalui suri tauladan oleh pendidik dan tenaga kependidikan kepada siswa mengenai Etika, Estetika, Kenestetika dan menjunjung tinggi Kearifan Lokal. Tadi pagi saya memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional di SMP Negeri 1 Malang yang membuat saya terharu. Meskipun diagendakan mendadak, namun semuanya berjalan dengan baik, khidmat dan semarak. ” tutur Muhadjir Effendy.

IMG-20190530-WA0023

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itupun menambahkan, dari kegiatan Upacara tersebut secara tidak langsung proses Pendidikan dalam sebuah kegiatan anak mendapat peranan secara bergantian proses pendidikan karakter telah berjalan dengan baik. Dengan memberikan kepercayaan siswa bermain peran dapat membentuk kedisiplinan untuk menumbuhkan percaya diri, bakat dan kemauan.

” Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya media sosial telah merubah pola budaya dan pola berpikir pada generasi penerus bangsa. Untuk itu perlu kiranya peran serta aktif seluruh elemen yang terkait dalam pembentukan karakter anak bangsa agar tidak terjerumus dalam hal – hal negatif akibat media sosial. Penanaman kedisiplinan sejak dini untuk menghormati dan saling toleransi antar siswa , menjalankan kewajiban dengan baik sesuai aturan yang ada dan disepakati bersama, serta menghormati orang tua dan guru dapat dilakukan melalui indoktrinasi tertulis di sekolah ” pungkas Mendikbud Muhadjir Effendy.

IMG-20190530-WA0021

Pada kesempatan inipula Mendikbud Muhadjir Effendy membuka ruang diskusi dengan peserta kegiatan yang disambut antusias ratusan kepala Sekolah. Salah satu Kepala Sekolah yang beruntung mendapatkan kesempatan untuk berdialog secara langsung dengan Mendikbud yakni Drs. Sunarto kepala SDN Purwantoro 8 Malang sekaligus menerima hadiah satu unit laptop secara langsung dari Mendikbud. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *