IMG-20190405-WA0097

Malang – Sungguh sangat istimewa kesempatan yang diperoleh insan pendidikan Kecamatan Blimbing Kota Malang. Disaat melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer Jenjang SD Tahun Pelajaran 2018/2019 di Aula SMP Negeri 20 Malang pada Jum’at 5 April 2019 dihadiri secara langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP.

P_20190405_133736

Kehadiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM, Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd., Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Diah Christiana W, S.Pd., Kepala Seksi Sarana Prasarana Muflikh Adhim, SE, Pengawas SD Dinas Pendidikan wilayah kecamatan Blimbing Drs Zainullah ,SH.MKPd dan Kepala SMP Negeri 20 Malang Drs. Dedy Farid Ikhfanul Islam, M.KPd itupun sontak disambut bahagia oleh 334 orang perangkat pelaksana USBK se Kecamatan Blimbing.

” Kegiatan pada siang ini tidak kami sangka akan dihadiri secara langsung oleh bapak Mendikbud. Ini sebuah kehormatan bagi keluarga besar 44 SD Negeri dan 14 SD Swasta yang ada di Kecamatan Blimbing. Dengan kehadiran beliau secara langsung ini semakin memotivasi kami untuk lebih bekerja giat, melayani masyarakat dengan sepenuh hati, dengan hati hati tidak seenak hati ” terang Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Blimbing.

P_20190405_135423

Dalam kata sambutannya sekaligus laporan kepada Mendikbud, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM mengatakan bahwasannya Kota Malang telah siap melaksanakan USBK jenjang SD tahun pelajaran 2018/2019 yang perdana dilaksanakan. Untuk mensukseskan gelaran USBK SD, Dinas Pendidjkan Kota Malang telah menganggarkan pengadaan ribuan komputer yang telah dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan dan rencana yang ada melalui pengadaan e catalog sehingga terhindar dari segala tindakan yang merugikan ataupun yang berimplikasi hukum. Pihak sekolah pun telah melakukan persiapan secara maksimal dengan terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, pengawas sekolah serta pihak yang berkompeten terkait dengan pelaksanaan USBK.

P_20190405_142138

” Mungkin hanya Kecamatan Blimbing Kota Malang ini yang sosialisasi pelaksanaan USBK SD dihadiri secara langsung oleh Menteri ” tutur Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP diawal sambutannya yang langsung ditimpali tepuk tangan meriah ratusan insan pendidikan Kecamatan Blimbing.

Lebih lanjut, Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP mengatakan bahwasannya saat ini Kementrian yang dipimpinnya terus berupaya maksimal meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui berbagai kebijakan. Pemerataan kualitas pendidikan, kemudahan akses pendidikan, peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan, pemenuhan sarana prasarana serta pembentukan karakter generasi bangsa yang cerdas secara spritual, intelektual maupun emosional menjadi titik perhatian utama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

P_20190405_135636

” Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Siswa Baru yang mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk melaksanakan prosesi PPDB berbasis Zonasi sebesar 90 persen merupakan salah satu kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan, pemerataan, serta kemudahan mengakses pendidikan. Puluhan tahun kita terjebak dalam stigma masyarakat tentang sekolah favorit dan sekolah tidak favorit yang berdasarkan pada hasil nilai Ujian Sekolah. Sehingga wajah pendidikan kita terkotak – kotak sedemikian rupa. ” terang Mendikbud Muhadjir Effendy M.AP.

P_20190405_135625

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itupun menambahkan untuk mengatasi lekurangan tenaga pendidik atau guru, selain melakukan pengangkatan PNS guru juga mengadakan program pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau lebih dikenal dengan P3K guna memenuhi kebutuhan guru. Ke depan Kemendikbud usai melakukan tata kelola dan tata laksana SDM guru, giliran Tenaga Kependidikan menjadi prioritas. Bagaimanapun. Sumbangsih, andil, tenaga, fikiran, dan tenaga kependidikan dalam proses sistem pendidikan sangatlah besar dan perlu apresiasi yang nyata serta komprehensif.

Pada kesempatan inipula, Mendikbud Muhadjir Effendy memberikan dua buah laptop pada seorang pendidik SDN Blimbing 2 Malang dan Kepala SDN Purwantoro 1 Malang yang telah berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Mendikbud. (fandi harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here