Malang – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2019/2020 dimanfaatkan jajaran SMP Negeri 9 Malang yang kini dikepalai oleh Sri Mahmura, M.Pd sebagai wahana memantapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada ratusan peserta didik baru satuan pendidikan yang berada di kawasan jalan Prof. Moch Yamin Gg. 6 No.26 melalui berbagai kegiatan yang telah direncanakan, disusun dan dijalankan dengan baik oleh jajaran pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 9 Malang.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 9 Malang diawali pada Sabtu, 13 Juli 2019 yang di isi dengan kegiatan pengenalan tentang ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) yang telah menorehkan puluhan pretasi membanggakan yang tidak hanya membawa nama harum SMP Negeri 9 Malang saja namun juga turut mengharumkan nama Kota Malang. Usai pengenalan tentang ekstrakurikuler paskibra, peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020 SMP Negeri 9 Malang dikenalkan pula dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebagai media menumbuhkembangkan jiwa kemandirian, jiwa kreatif, jiwa kepemimpinan dan juga jiwa gemar berorganisasi. Penguatan pilar religious di siswa baru dimantapkan melalui pengenalan Badan Dakwah Islam (BDI) yang merupakan organisasi kesiswaan binaan SMP Negeri 9 Malang yang berkutat terhadap kegiatan kerohaniaan, dilanjutkan dengan implementasi nyata kepatuhan akan perintah Tuhan dengan menjalankan perintah Sholat Dhuhur berjamaah.

“ Terdapat lima muatan utama yang kami berikan pada siswa baru SMP Negeri 9 Malang dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Muatan pertama yakni mengenal potensi diri pada siswa baru. Muatan kedua menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar. Muatan ketiga yakni menumbuhkan perilaku positif pada diri siswa baru. Muatan ke empat yakni membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya dalam rangka mewujudkan generasi berwawasan Adiwiyata. Muatan kelima yakni mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah melalui kegiatan gebyar seni dari siswa oleh siswa. “ terang Kepala SMP Negeri 9 Malang Sri Mahmura, M.Pd.

Dihari terakhir pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP Negeri 9 Malang, digelar gebyar apresiasi dan kreasi bakat peserta didik baru dengan aneka ragam suguhan unjuk aksi menyanyi, menari, berpuisi dan bakat lainnya yang dimiliki oleh siswa.

Menurut Malikah, S.Pd selaku ketua panitia MPLS SMP Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2019/2020, pembagian kelas siswa baru sengaja dinamai dengan nama pahlawan sebagai bentuk apresiasi pada jasa para pahlawan yang dengan gigih memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, sebagai sarana menumbuhkembangkan patriotisme sekaligus nasionalisme pada diri peserta didik. Ada delapan nama pahlawan yang dijadikan nama kelas pada peserta didik baru diantaranya Trunojoyo, RA. Kartini, Dewi Sartika, Imam Bonjol, Antasari, Pattimura, Diponegoro dan Cut Nya Dien. (fandi harianto).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here