Dinas Pendidikan Kota Malang

Persami SD Insan Amanah Tanamkan Kemandirian Siswa

IMG-20190407-WA0024

Malang – Jajaran SD Insan Amanah yang kini dikepalai oleh Suhardini Nurhayati, M.Pd kembali menggelar kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter pada ratusan peserta didiknya melalui ajang Perkemahan Sabtu dan Minggu yang diselenggarakan pada Sabtu, 6 April 2019 hingga Minggu 7 April 2019 di Bhumi Perkemahan Pusdiklatcab Witaraga kawasan jalan Wisnuwardhana Kota Malang.

IMG-20190407-WA0025

Ajang Persami yang rutin diselenggarakan oleh satuan pendidikan jenjang SD yang ada di Jalan Soekarno Hatta Perumahan Griyashanta Blok M pada tahun 2019 inipun diikuti oleh 190 peserta didik yang berasal dari kelas empat dan kelas lima. Berbagai kegiatan disusun tim ekstrakurikuler Pramuka SD Insan Amanah agar pelaksanaan Persamj mampu menggugah kesadaran peserta didiknya untuk senantiasa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa, memperkokoh nasionalisme, penanaman kemandirian sejak dini, membudayakan karakter berintegritas, dan betapa indahnya kebersamaan.

” Melalui kegiatan Persami ini Penguatan Pendidikan Karakter pada diri siswa semakin kokoh, utamanya penanaman kemandirian siswa. Anak didik yang biasanya nyaman tidur dirumah di kasur yang empuk dan berselimut hangat kini harus tidur didalam tenda beralaskan tikar dengan harapan sisi religius mereka tersentuh untuk selalu menayukuri nikmat yang mereka peroleh dari Tuhan YME. Unjuk aksi kreasi dimalam api unggun yang menampilkan kesenian budaya bangsa memperkuat nasionalisme di hati siswa kami ” terang Kepala SD Insan Amanah Suhardini Nurhayati, M.Pd.

IMG-20190407-WA0019

Lebih lanjut wanita berhijab yang akrab disapa Bunda Dini itupun menambahkan kemandirian siswa kami tanamkan sekuat mungkin. Mereka yang biasanya bangun tidur, mandi, makan kemudian berangkat sekolah kini kami ajarkan sebuah hal baru. Bangun tidur bersih diri, sholat, merapikan tenda kemudian memasak untuk mereka makan sendiri. Dengan demikian anak secara langsung paham dan mengerti betapa tidak mudahnya menjalani hidup ini yang biasanya sarapan disediakan tinggal mereka santap.

IMG-20190407-WA0022

Pilar kejujuran dan kebersamaan atau gotong royong dibangun kokoh dalam sanubari peserta Perjusamj tanpa mereka sadari. Bagaimana harus berbagi tempat tidur di dalam tenda yang tidak begitu luas, berbagi makanan, antri dikamar mandi, bersama sama memasak, bersama sama membersihkan tenda dan satu hal lainnya.

IMG-20190407-WA0020

Dalam Persami SD Insan Amanah Tahun 2019 ini, kembali Suhardini Nurhayati menekankan pentingnya berpikir kritis, bersikap tegas dan peka terhadap situasi maupun kondisi yang ada. Suhardini Nurhayati memberikan gambaran dalam bentuk cerita, terdapat lima anak sekolah menaiki kendaraan umum. Ternyata sang pengemudi memiliki niat buruk yang ditandai dengan berjalan tidak sesuai rute yang seharusnya dilalui. Tiga anak berteriak minta berhenti karena peka terhadap gelagat tidak baik sedangkan dua anak diam saja sambil menangis. Karena panik, takut dan khawatir akhirnya sang pengemudi yang tidak bertanggung jawab itupun menghentikan laju kendaraannya dan menyuruh anak anak turun.

” Nah dari cerita ibu diatas dapat diambil hikmahnya. Jika kita tidak peka terhadap situasi dan kondisi yang ada serta diam saja entah apa yang akan terjadi. ” jelas Suhardini Nurhayati (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *