P_20190412_083735

Malang – Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM menggelar Rapat Koordinasi bersama dengan Kepala SMP Negeri dan Kepala SMP Swasta se Kota Malang di Aula Utama kantor yang berada di kawasan jalan Veteran No. 19 Malang, dalam rangka persiapan menyongsong pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kegiatan yang di hadiri oleh 27 orang Kepala SMP Negeri serta 100 orang Kepala SMP Swasta pada Jum’at 12 April 2019 inipun dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Sekretaris Dinas Drs. Totok Kasiabto, Kepala Bidang Pembinaan SMP Siti Ratnawati. SH., M.Pd serta Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Dodik Teguh Pribadi, M.Pd.

P_20190412_083410

” Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019/2020, Dinas Pendidikan Kota Malang akan mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 51 Tahun 2018 tentang PPDB Zonasi. Ada tiga hal utama yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan jenjang SMP Negeri terkait PPDB Zonasi. Pertama, kuota calon siswa jalur zonasi sebesar 90 persen dari jumlah Pagu yang ada di setiap SMP Negeri. Kedua yakni lima persen pagu yang ada merupakan jalur prestasi untuk mengapresiasi sekaligus memberikan rewar khusus bagi peserta didik yang telah meraih prestasi akademik maupun non akademik. Dan yang ketiga adalah jalur mutasi perpindahan profesi atau pekerjaan orangtua. ” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM dalam awal paparannya.

Dra. Zubaidah, MM menegaskan bahwasannya untuk jalur mutasi atau perpindahan pekerjaan orangtua haruslah dicermati oleh panitia PPDB masing – masing SMP Negeri. Juklak juknis PPDB saat ini dalam pembahasan dengan berbagai elemen terkait agar ke depan tidak menimbulkan permasalahan yang berarti.

P_20190412_083428

” Kebijakan PPDB Zonasi ini merupakan sebuah upaya pemerintah dalam pemerataan kualitas pendidikan seperti yang telah disampaikan oleh Staff Ahli Kemendikbud Bidang Regulasi ibu Chatarina Girsang beberapa waktu lalu di tempat ini. Agar Juklak dan Juknis tersusun dengan baik, utamanya dalam pembagian Zona 57 kelurahan agar terakomodir pada 27 SMP Negeri mohon kiranya bapak dan ibu memberikan saran dan masukan.” terang Dra. Zubaidah, MM.

P_20190412_085235

Wanita berhijab yang pernah menjabat Kepala Dinas Sosial dan Kepala Perpustakaan Kota Malang itupun menegaskan bahwasannya PPDB Zonasi Tahun Pelajaran 2019/2020 inipun tidak menutup pintu SMP Swasta mendapatkan siswa, bahkan SMP Swasta dapat memperoleh siswa lebih banyak lagi. (fandi harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here