Malang – Sekolah Sahabat Keluarga bukan hanya sekedar slogan semata ataupun sebuah program pemanis saja bagi jajaran SDN Percobaan 1 Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Anny Saida. Satuan pendidikan yang berada dikawasan jalan Magelang No. 1 itupun senantiasa menjalin komunikasi dan koordinasi dengan orangtua siswa melalui Komite Sekolah. Berbagai kegiatan secara rutin kerap digelar oleh Dra. Anny Saidah bersama jajarannya dengan melibatkan partisipasi aktif orangtua siswa.

Parent’s Day dengan mengangkat tema ” Great parent, great children ” yang digelar pada Sabtu, 7 September 2019 inipun dihadiri oleh Pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang wilayah Kecamatan Lowokwaru Dra. Indah Warniati, M.Pd, Drs. Didik Siswanto, M.Pd. Ketua Komite SDN Percobaan 1 Malang Dra. Dwi Lestari, perwakilan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Lowokwaru diantaranya Kepala SDN Tulusrejo 4 Malang , Kepala SDN Tasikmadu 1 Malang, dan Kepala SDN Sumbersari 2 Malang.

Usai tiga peserta didik SDN Percobaan 1 Malang memberikan kata sambutan dalam tiga bahasa berbeda yakni Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, giliran Kepala SDN Percobaan 1 Malang memberikan prakatanya. Dalam sambutannya Kepala SDN Percobaan 1 Malang Dra. Anny Saida menghaturkan rasa terima kasihnya tiada terhingga kepada seluruh keluarga besar SDN Percobaan 1 Malang utamanya orangtua siswa yang diakomodir oleh Komite Sekolah, sehingga berbagai kegiatan maupun beragam program kerja dapat diselenggarakan dengan baik dan berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala yang berarti.

” Kegiatan Parent’s Day yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya kami dalam mewujudkan sinergitas antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan dirumah, sehingga pembelajaran yang diberikan pada buah hati bapak ibu oleh pendidik di SDN Percobaan 1 Malang ini selaras, sejajar dan sinkron. Pada akhirnya nanti mewujudkan generasi Milenial yang berkarakter, bermartabat, cerdas secara spiritual, cerdas intelektualnya dan cerdas emosionalnya sesuai harapan kita semua. ” terang Dra. Anny Saida.

Sementara itu, Ketua Komite SDN Percobaan 1 Malang Dra. Dwi Lestari turut pula menghaturkan terima kasih pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SDN Percobaan 1 Malang yang tidak hanya memberikan materi pembelajaran semata namun juga mendidik, membimbing, mengajarkan serta siswa siswi dengan baik, yang dapat kami rasakan perubahannya saat ini. Sebagai orangtua kami belum tentu dapat melakukan apa yang bapak ibu guru lakukan pada buah hati kami. Selama program sekolah baik bagi kami utamanya bagi putra dan putri kami, sebagai orangtua kami akan sangat mendukung sepenuhnya.

” Kegiatan semacam ini penting untuk dilaksanakan dan bila memungkinkan dilakukan secara periodik bukan hanya semata untuk menunaikan kewajiban atau dalam rangka memenuhi indikator sebuah program saja. Pelibatan orangtua dalam pendidikan sangatlah mutlak dalam kerangka menyamakan visi, misi, tujuan, maupun program pembelajaran agar terjalin sebuah keberlanjutan antara yang dilakukan pihak pendidik dan kependidikan di sekolah dengan orangtua dirumah. Kegiatan pelibatan orangtua juga tidak harus meriah atau besar besaran, namun juga dapat dilakukan dalam bentuk sederhana seperti mewarnai bersama antara anak dan orangtua, cipta baca puisi kolaborasi dan banyak kegiatan lainnya yang tentunya disesuaikan dengan tema pembelajaran yang telah disusun. ” tutur Drs. Didik Siswanto, M.Pd.

Sesuai dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini sebagai salah satu wadah untuk saling berbagi serta menambah wawasan dalam pola pengasuhan maupun pendidikan pada anak didik oleh pihak sekolah dengan pihak orangtua siswa, panitia kegiatan Parent’s Day inipun menghadirkan Dr. Umi Dayati, M.Pd motivator internasional sekaligus pendidik Universitas Negeri Malang.

Parent’s Day inipun diwarnai dengan suguhan hasil pembelajaran anak didik SDN Percobaan 1 Malang yang dipamerkan di sepanjang Selasar ruang kelas serta berbagai stand bazar yang menyediakan aneka rupa makanan maupun minuman sehat yang dikelola oleh orangtua siswa . Selain itu berbagai aksi unjuk kreasi peserta didik ditampilkan secara bergantian dihadapan orangtua siswa maupun para undangan. Pameran dan aksi unjuk kreasi inipun dimaksudkan agar orangtua siswa mengetahui apa saja materi pembelajaran yang mereka terima pada setiap jenjang kelas ataupun mengetahui secara langsung bahwasannya pembinaan berbagai Ekstrakurikuler yang ada di SDN Percobaan 1 Malang telah berjalan dan hasilnya dapat disaksikan secara langsung. (Fandi Harianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here