Dinas Pendidikan Kota Malang

Siapkan PS Berkompeten Disdik Bersama LP2KS Kemdikbud Gelar Bimtek CPS

P_20181115_091446

Malang – Semakin kompleksnya perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, seni, budaya, peraturan perundangan, yang diiringi pula dengan pesatnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi disemua lini kehidupan termasuk pendidikan, maka diperlukanlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat menjawab serta mengatasi tantangan tersebut demi peningkatan kualitas pendidikan guna terciptanya generasi yang ceria, cemerlang, cerdas dan bermartabat.

P_20181115_091606

Salahsatu komponen yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan pendidikan adalah Pengawas Sekolah (PS). Upaya nyata Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang dalam mempersiapkan Pengawas Sekolah yakni dengan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Calon Pengawas Sekolah Tahun 2018 dari tanggal 15 Nopember 2018 hingga 21 Nopember 2018 mendatang.

P_20181115_091539

Bimbingan Teknis (Bimtek) Calon Pengawas Sekolah Tahun 2018 yang dilaksanakan pada Rabu, 15 November 2018 itupun dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.Pd di Aula Utama Dinas Pendidikan kawasan jalan Veteran No. 19 Malang.

P_20181115_081653

Dalam pelaporannya, Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.Pd kegiatan pada hari inj diikuti oleh 43 orang Calon Pengawas Sekolaj jenjang TK, SD maupun SMP yang diyantakan lolos seleksi administrasi oleh tim verifikasi.

” Kegiatan ini juga merupakan upaya Dinas Pendidikan Kota Malang dalam menciptakan ketersediaan Sumber Daya Manusia Calon Pengawas Sekolah yang kompeten dalam ikut serta memberikan bimbingan, arahan dan pengembangan satuan pendidikan agar lebih berkualitas ” tutup Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.Pd dalam pelaporannya.

P_20181115_082211

Sementara itu dalam prakata sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang menghaturkan terima kasih atas kesediaan, usaha dan kerja keras kepala sekolah maupun pendidik yang berkenan mengikuti proses kegiatan Bimtek CPS di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang. Seluruh komponen pemerintahan saat ini khususnya Pemerintah Kota Malang di bawah Kepemimpinan Walikota Malang Drs. H. Sutiaji dan Wakik Walikota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko terus mengupayakan peningkatan kompetensi demi terwujudnya pelayanan masyarakat yang prima salah satunya melalui program Lelang Kinerja yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kota Malang.

P_20181115_082228

” Manakala bapak ibu nantinya dinyatakan lulus dan layak menjadi Pengawas Sekolah, tidak serta merta akan di kukuhkan sebagai Pengawas Sekolah. Ada beberapa pertimbangan sesuai aturan dan peraturan perundangan yang harus kita taati bersama. Perumpamaannya Dinas Pendidikan Kota Malang telah menyediakan mobil tinggal menunggu pengemudinya. Setiap mobil memiliki karakteristik sendiri yang tidak semua pengemudi dapat mengendarainya. Perlu adanya seleksi dan pertimbangan agar dalam memilih pengemudi sesuai dengan karakteristik mobil yang akan dikendarainya ” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

P_20181115_091409

Bimtek Calon Pengawas Sekolah inipun menghadirkan narasumber dari LP2KS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan materi – materi pada peserta bimtek yang diharapkan nantinya memiliki enam kompetensi utama sebagai pengawas sekolah yang terdiri atas kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, kompetensi evaluasi, kompetensi pengembangan dan kompetensi sosial. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *