Malang – Memasuki hari kedua Road Show KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di Kota Malang Sabtu 7 September 2019 Walikota Malang Drs. H. Sutiaji didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kotw Malang Dra. Zubaidah, MM membuka Workshop Insersi Pendidikan Anti Korupsi yang diikuti oleh Guru Kelas Jenjang SD, Guru Mata Pelajaran PKn jenjang SMP dan SMA / SMK di ruang Sidang Balaikota Malang kawasan jalan Tugu 1A.

Dalam sambutannya, Orang nomor satu di Pemerintahan Kota Malang itupun berharap agar tenaga pendidik yang mengabdikan dirinya di satuan pendidikan jenjang SD, SMP maupun SMA / SMK se Kota Malang senantiasa membentuk karakter peserta didik melalui pembiasaan – pembiasaan religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan khususnya kejujuran agar menjadi sebuah budaya positif dalam diri anak yang dimasa mendatang mampu meneruskan tongkat estafet tumbuh kembangnya Indonesia lebih baik dari masa ke masa.

” Sejatinya anak adalah insan yang bersih. Anak akan tumbuh dan berkembang tergantung pola didik, pola pembinaan, pola pembimbingan serta pengaruh lingkungan. Manakala anak dikuatkan dengan pendidikan karakter sejak dini, maka akan terbangunlah pondasi kokoh pada diri anak sehingga mempermudah membentuk generasi yang jujur yang pada akhirnya pola pikir, tindakan dan perilaku anti korupsi menjadi sebuah budaya serta keharusan yang wajib dilaksanakan dalam kehidupan sehari – hari pada semua lini. ” tutur Drs. H Sutiaji dalam prakata pembekalannya.

Lebih lanjut mantan Anggota DPRD serta Wakil Walikota inipun menitipkan pembentukan karakter generasi bangsa pada pendidik karena bagaimanapun guru adalah ujung tombak perubahan, termasuk perubahan pola pikir membangun pondasi generasi muda yang anti korupsi sejak dini. Ke depan Sutiaji akan berkantor secara bergantian di lima kecamatan yang ada di Kota Malang. Selain untuk memberikan pelayanan maksimal, lebih dekat dengan masyarakat dan yang utama yakni mempermudah dirinya untuk melakukan monitoring implementasi penguatan pendidikan karakter yang dijalankan oleh jajaran sekolah pada peserta didiknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM mengatakan bahwasannya saat ini telah diterbitkan Peraturan Walikota Malang No. 45 Tahun 2019 Tentang Implementasi Pendidikan Anti Korupsi sebagai payung hukum sekaligus panduan bagi satuan pendidikan untuk melaksanakan pembiasaan perilaku anti korupsi pada peserta didik secara dini. (Fandi Harianto / Foto – Foto : Humas Pemkot Malang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here