Dinas Pendidikan Kota Malang

Uji Kemampuan BTA Ummi, SDN Klojen Adakan Khotaman dan Imtihan

IMG-20181213-WA0061

Malang – Tiada terasa satu tahun enam bulan, jajaran SDN Klojen Malang yang kini dikepalai oleh Drs. Samsul Ma’arif, MM menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al Qur’an (BTA) metode Ummi yang diikuti oleh seluruh siswa Satuan Pendidikan jenjang SD yang berada di kawasan Jalan Pattimura No. 1 Malang.

Kegiatan ekstrakurikuler BTA metode Ummi di SDN Klojen Malang diselenggarakan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis dengan mendatangkan Ustad dan Ustadzah dari Ummi Foundation Malang pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

IMG-20181213-WA0060

Sebagai wahana apresiasi atas upaya peserta didik SDN Klojen Malang menjalani pembelajaran BTA metode Ummi, sekaligus tolok ukur parameter keberhasilan pembelajaran dilaksanakanlah Khotaman dan Imtihan pada Kamis, 13 Desember 2018. Kegiatan yang diadakan dihalaman sekolah yang didirikan pada tahun 1903 silam itupun dihadiri pula oleh orangtua siswa beserta pengurus Komite SDN Klojen Malang.

IMG-20181213-WA0059

” Sebelum mengadakan kegiatan hari ini, sehari sebelumnya yakni pada Rabu, 12 Desember 2018 kami menyelenggarakan Khataman yang dilakukan oleh siswa kelas empat, lima dan enam. Khataman dilaksanakan mulai pagi hingga selesai dari pembacaan Juz satu hingga Juz 30, dibawah pengawasan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta Ustad/Ustadzah Ummi Foundation Malang. ” terang Kepala SDN Klojen Malang Drs. Samsul Ma’arif, MM.

Lebih lanjut, Drs. Samsul Ma’arif, MM menambahkan kegiatan ekstrakurikuker BTA metode Ummi ini merupakan salah satu bentuk usaha jajaran SDN Klojen Malang untuk menguatkan pendidikan karakter khususnya sisi religi pada ratusan peserta didiknya sehingga Visi Pemerintah Kota Malang Bermartabat dan Dinas Pendidikan menciptakan generasi milenial yang cerdas secara spiritual serta cerdas secara intelektual dapat terwujud dengan baik.

IMG-20181213-WA0058

Tercatat enam siswa dari kelas lima SDN Klojen Malang mengikuti prosesi Munaqosah metode Ummi, dengan penguji Ustad Badrus yang merupakan staff dari Ummi Foundation Malang. Enam siswa yang menjalani Munaqosah akan dinyatakan lulus manakala mereka fasih dan benar dalam hal ghorib, hafalan, tartil, tajwid dan tahfidz. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *